Sukses

Viral

Mengembangkan Bisnis dengan Menciptakan Solusi

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Tujuan utama semua pebisnis adalah mengembangkan bisnisnya. Pengembangan  tentu saja bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu mungkin juga harus 'jatuh-bangun' dulu sebelum akhirnya mencapai target yang memuaskan. Ketika melihat perusahaan-perusahaan besar, kamu pasti akan ingat betapa mereka memulai perusahaan itu hanya dengan satu gerobak, satu toko kelontong sederhana, atau pun dengan menjajakan produknya dari pintu ke pintu. Tapi, bagaimana bisa mereka sukses sementara kamu masih terus berkutat pada bisnismu yang berjalan di tempat?

Kuncinya ada pada ide. Banyak orang yang punya ide brilian, tapi lupa akan nilai penting yang harus terkadung di dalamnya; memberikan solusi pada orang banyak. Ingatkah kamu ketika iPad pertama kali diluncurkan? Ide dasarnya sederhana; menciptakan 'lemari' buku yang bisa dibawa kemana-mana. Karena Apple melihat banyak orang yang sangat suka baca berbagai buku dan majalah, tapi kesulitan membawanya ketika mereka harus pergi ke kantor atau pun ke tempat lain. Mereka pun memberikan solusi kepada orang-orang yang suka membaca banyak buku dan membutuhkan wadah praktis agar bisa membawanya ke mana pun mereka pergi. 

Google pun juga memberikan sebuah solusi yang luar biasa cerdas. Ingatkah kamu sebelum ada Google, membutuhkan waktu berjam-jam, bahkan lebih dari satu hari hanya untuk mencari satu informasi yang kamu butuhkan. Larry Page dan Sergey Brin yang kemudian menjadi CEO dan co-founder Google berpikir bagaimana agar orang bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat. Maka lahirlah Google. Sekarang, apa pun yang kamu butuhkan semuanya tersedia hanya dengan satu kali "klik."

Banyak perusahaan yang tidak bisa meningkatkan profit meskipun mereka sudah berupaya dengan berbagai cara. Tapi, dengan menciptakan ide yang memberikan solusi kepada banyak orang, otomatis mereka akan membeli produkmu karena kebutuhan. Tren memang membantu. Meskipun begitu, kalau kamu terus-terusan mengikuti tren, kamu akan kewalahan dan membuang waktu hanya untuk melihat tren apa yang sedang marak. 

Untuk itu, kamu harus menciptakan pasar dengan meneliti apa yang pasar butuhkan. Bukan yang pasar inginkan. Ketika mereka membutuhkannya dan kamu memberikan solusi, tanpa perlu usaha yang terlalu keras, mereka akan berdatangan untuk membeli produkmu. Tapi, kalau kamu hanya ikut tren, kamu harus bersaing dengan perusahaan dan pebisnis lain yang juga ingin meraup keuntungan. Kamu harus menjadi berbeda. 

Ini yang menjadi alasan kenapa memberikan solusi kepada pelanggan akan membuka peluang besar untuk mengembangkan perusahaanmu. Karena, seiring dengan pembeli yang memang membutuhkan produkmu, profit pun juga akan mengikuti. Tentu saja ide yang memberikan solusi bukan satu-satunya motor untuk mengembangkan perusahaan. Kamu juga harus memikirkan investasi dan kerja sama dengan perusahaan lain. Selain itu, membangun jaringan agar jangkauan perusahaanmu semakin luas pun harus kamu lakukan.

Apple dan Google bisa menjadi dua contoh paling baik, bagaimana sebuah perusahaan dan bisnis bisa berkembang. Ide yang sekedar brilian jika tidak memberikan solusi sulit untuk 'mendongkrak' perusahaan. Karenanya, jika ingin mengembangkan bisnismu, ciptakan satu ide yang memberikan solusi. Profit pun akan otomatis mengikuti. 

Baca juga: 5 Kondisi Tersulit yang Diam-diam Pengusaha Sukai

0 Komentar

Belum ada komentar