Sukses

Feed

7 Tempat Paling Tepat untuk Melihat Bunga Edelweis di Indonesia

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Setiap perjalanan yang dilakoni di Indonesia akan memberi sensasi yang begitu berbeda. Tak heran kalau banyak orang yang menyebut-nyebut Indonesia sebagai surga dunia dalam bentuk konkrit. Mulai dari bagian paling barat di Pulau Weh, Rote di paling Selatan, dan Marauke yang jadi ujung timur, semuanya menawarkan pengalaman untuk jadikan hidup lebih berharga.

Salah satu pilihan pesona di Indonesia adalah melihat kecantikan tumbuhan di tempat-tempat dengan panorama fantastis. Yang paling familiar dengan para pelancong adalah edelweis. Bunga yang biasa ada di ketinggian 1.800 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut ini memang menarik untuk diburu keberadaannya. Kalau kamu juga tertarik, tempat-tempat ini yang harus dikunjungi.

Plawangan Sembalun

Lokasinya ada di gunung Rinjani yang terkenal akan golden sunrisenya itu. Kamu bisa temukan padang edelweis di ketinggian 2.700 meter di atas permukaan laut, tepat satu kilometer sebelum puncak Rinjani. Berada di sepanjang jalur pendakian, edelweis dengan cantiknya berpadu dengan pemandangan Danau Segara Anak.

Plawangan Sembalun. | via: isigood.com

Lembah Mandalawangi

Berlokasi di gunung Pangrango, Jawa Barat, keindahan 'savana' edelweis ini bahkan pernah tertuang dalam bait-bait puisi milik Su Hok Gie. Gie adalah seorang aktivis orde baru yang juga seorang pecinta alam. Hamparan edelweis di sini terlihat lebih epik dengan background gunung yang berselimut 'karpet hijau' yang begitu menyejukkan.

Lembah Mandalawangi. | via: yukpiknik.com

Alun-alun Suryakencana

Kamu bisa mencapai Suryakencana dengan berjalan kaki sekitar 3 sampai 5 jam dari pintu masuk jalur pendakian guung putri. Selain keindahan edelweis, mitos yang berkembang di tempat ini adalah suara depat kaki kuda prajurit Pangeran Surya Kencana yang tak bisa didengar oleh sembarang orang.

Alun-alun Suryakencana. | via: wiranurmansyah.com

Gunung Lawu

Sejauh ini, hanya di jalur pendakian gunung Lawu kamu bisa dapati bunga edelweis dengan warna yang sedikit berbeda, yakni ungu. Namun, untuk melihatnya butuh sedikit perjuangan. Tak selalu ada di saat edelweis berwarna lain mulai mekar, sekalipun ada letaknya bisa di tepian dengan jurang menganga sebagai pemandangannya, atau tersembunyi di antara warma putih dan cokelat yang jadi dominan bagi edelweis.

Gunung Lawu. | via: jimzzz.wordpress.com

Gunung Merbabu

Edelweis jadi magnet tersendiri bagi para pendaki yang melalui jalur pendakian Selo, mulai dari Tuk Pakis hingga Sabana I dan Sabana II. Hamparan edelweis seluas 50 hektare ini ada di ketinggian 2.700 hingga 2.750 meter di atas permukaan laut. Seakan pemandangan ini jadi bukti petualangan ke Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu. | via: ruliamrullah.wordpress.com

Kalimati

Puncak tertinggi Jawa bukanlah satu-satunya godaan untuk berkunjung ke Semeru. Kalau melewati Kalimati, kamu langsung akan menemukan hamparan edelweis yang tak boleh dilewatkan. Melihat edelweis berlatar belakang kerut puncak sang mahameru memang jadi satu potret yang tak akan dilupakan.

Kalimati. | via: wiranurmansyah.com

Tegal Alun

Berada di jalur pendakian gunung Papandayan, hamparan edelweis jadi panorama dominan saat kamu melepaskan pandangan di Tegal Alun. Tak boleh mendirikan tenda, sebaiknya kamu berangkat sebelum matahari terbit. Melihat sinar mentari hangat yang turun dan menimpa hamparan Edelweis adalah pemandangan yang bisa kamu 'bawa pulang' atas kenangan mendaki Papandayan.

Tegal Alun. | via: yukpiknik.com

Tak hanya menikmati panorama padang edelweis yang terhampar dengan begitu indahnya, kamu juga sebaiknya ikut menjaga kelestarian bunga yang juga dikenal dengan nama leontopodium alpinum ini dengan tidak memetiknya. Kalau punya rekomendasi tempat lain di Indonesia untuk melihat bunga edelweis, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: 7 Gunung yang Punya 'Sunrise' Terindah di Indonesia

0 Komentar

Belum ada komentar