Sukses

Viral

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Setelah menunaikan salat Id, sebagian besar umat muslim segera bersiap-sipa untuk melakukan kurban. Kamu pasti sudah tahu, hewan kurban yang lumrah di negara kita biasanya sapi, kambing, domba, dan kerbau. Unta, binatang berkuku belah memang enggak menjadi hewan kurban yang lumrah di Indonesia. Tapi, di beberapa negara lain seperti Saudi Arabia berkurban unta. 

Berbicara tentang hewan kurban, ternyata ada beberapa fakta unik yang mungkin belum banyak orang ketahui. Ternyata ada salah satu hewan kurban yang 'manja.' Nah, apa lagi fakta unik seputar hewan kurban? Buat kamu yang penasaran, langsung simak saja bahasan selengkapnya di bawah ini. 

Kambing adalah hewan yang manja. Kamu mungkin sudah tahu kalau semua hewan kurban termasuk herbivora. Kebanyakan dari hewan kurban ini makanannya rumput. Kamu mungkin sering melihat pengelola atau pemilik sapi memberi makan para ternaknya. Artinya, rumputnya sudah dipilihkan yang segar-segar agar para sapi menjadi sehat. Tapi, kambing lebih pemilih lagi.  

Kambing enggak bakal mau makan rumput yang sudah jatuh ke tanah. Makanya, para pemilik atau pengelola kambing membuat kandangnya lebih tinggi sedikit. Seperti rumah panggung. Agar, posisi makanannya enggak menyentuh tanah. 

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: fjb.kaskus.co.id

Kambing, hewan pertama yang diternakkan. Kamu mungkin enggak pernah memikirkan, hewan apa yang pertama kali diternakkan manusia. Waktu zaman para nabi dulu, sudah ada unta, domba, kambing, dan kuda. Tapi hewan apa yang pertama diternakkan? Jawabannya adalah kambing. Pernyataan ini berdasarkan pada penemuan sebuah lukisan kuno di gua Eropa yang menggambarkan peternakan kambing. Lukisan tersebut menurut para ahli sudah berumur 12.000 tahun.

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: resepkuekeringku.com

Konon, kambing adalah penemu kopi yang sebenarnya. Siapa di sini yang suka minum kopi? Jangan mengaku penikmat kopi setia sebelum kamu tahu fakta ini. Ternyata, kopi yang menemukan adalah kambing! Serius?! Jadi, konon katanya, ada seorang penggembala kambing yang terheeran-heran kenapa kambingnya sangat lincah dan bertenaga. Sangat berbeda dari biasanya. Setelah diselidiki, ternyata kambing tersebut telah memakan biji kopi. Sejak inilah, kopi mulai dibudidayakan dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. 

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: n7n4.wordpress.com

Kalau sapi sedang makan, mereka menghadap ke mana? Pernahkah kalian memerhatikan sapi yang sedang makan? Di mana pun sapi berada; di kandang, di lapangan, di padang rumput, atau di mana pun, ternyata mereka selalu menghadap ke utara setiap kali mereka makan! Kenapa? Karena otak sapi memiliki 'kompas' alami yang secara otomatis melacak medan magnet bumi. Secara otomatis, sapi selalu  menghadap ke utara ketika mereka makan. 

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: publicdomainpictures.net

Pupil mata kambil bentuknya segi empat. Coba perhatikan pupil matamu di depan cermin. Bentuknya pasti bulat. Tapi, kambing memang berbeda dari manusia. Hewan pemakan rumput ini ternyata memiliki pupil segi empat. Pupil unik inilah yang bikin kambing punya pandangan seluas 320-340 derajat. Bentuk yang unik ini juga menjadi alasan kenapa kambing memiliki pandangan yang lebih baik pada saat malam hari. 

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: youtube.com

Jaga suasana hati sapi agar produksi susunya baik. Ternyata bukan hanya kamu saja yang perlu menata suasana hati ketika ingin bekerja. Tapi sapi ternyata juga perlu dijaga mood-nya. Menurut penelitian, sapi yang mendengarkan musik akan memproduksi susu lebih banyak dibandingkan dengan sapi yang enggak mendengarkan musik. Makanya, kamu pernah mendengar, kan, kalau ada sapi yang dipijat sebelum disantap para penikmat daging sapi?

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: youtube.com

Sapi memiliki indera yang tajam. Sama seperti kambing, pupil mata sapi bentuknya segi empat. Sehingga luas penglihatannya hampir mencapai 360 derajat. Sapi juga bisa melihat warna kecuali warna merah. Sapi juga bisa mencium aroma yang jaraknya mencapai 8 km. Sapi juga ternyata saling berkomunikasi dengan sapi-sapi lainnya. Mereka berkomunikasi dengan suara, posisi tubuh, dan juga ekspresi muka. 

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: youtube.com

Mana yang lebih cepat, kuda atau sapi? Ternyata sapi bisa berjalan lebih cepat dari kuda di tanah yang berlumpur! Soalnya sapi punya kuku kaki yang lebar, sehingga sapi enggak mudah terbenam dalam lumpur. Sapi juga bisa menaiki anak tangga. Tapi sayang, mereka enggak bisa turun tangga. Karena lutut sapi enggak bisa menekuk dan menopang tubuhnya dengan sempurna. 

8 Fakta Unik Hewan Kurban yang Mungkin Belum Kamu Ketahui | via: vaguebuttrue.com

Nah, itu dia fakta-fakta unik hewan kurban yang perlu kamu ketahui. Kalau dipikir-pikir, ada banyak hal yang sebelumnya kita enggak ketahui, ya? Mungkin mulai sekarang kita semua harus lebih banyak baca buku dan mengkonsumsi program TV yang berbasis informasi, bukan hanya hiburan. Soalnya fakta-fakta seperti sebenarnya penting untuk kamu ketahui, lho! Nah, buat kamu umat muslim, selamat berkurban. 

Baca juga: 10 Inspirasi Cat Kuku Motif Kambing untuk Hari Raya Idul Adha

 

0 Komentar

Belum ada komentar