Sukses

Viral

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'

Bintang.com, Jakarta 'It's good when food tastes good. It's kind of like proof you're alive.' adalah barisan kata yang terdapat dalam Norwegian Wood, novel luar biasa karya Haruki Murakami. Berbicara soal makanan enak, steak menduduki pilihan teratas bagi kebanyakan orang.

Makanan yang sudah mendunia ini kerap disajikan dalam berbagai resep rumahan. Kalau kamu memang gemar memasak dan mau mencoba steak rumahan. Menurut salah satu executive chef resto steak di Wall Street, Billy Oliva, hal-hal ini lah yang harus dihindari.

Jangan langsung memasak daging steak dari kulkas. Sebaiknya, sebelum dimasak kamu harus membiarkan daging steaknya bertemperatur ruangan. Kalau terlalu dingin, itu akan membuatnya enggak matang secara merata.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: greatbritishmeat.com

Wadah yang kamu gunakan enggak terlalu panas. Sebelum membakar daging steak, pastikan kalau wadah itu punya panas yang memang kamu butuhkan. Kalau sampai wadahnya kurang panas, daging steaknya enggak akan juicy.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: annjaneliving.com

Jangan takut memberikan bumbu. Olivia biasa memberikan bumbu di kedua sisi daging steak. Kombinasikan berbagai bumbu yang bisa membuat rasa dagingnya menjadi lebih kaya.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: penandfork.com

Jangan membakar satu sisi terlalu lama. Kamu harus dengan cermat melihat pergantian warna daging steak dan cepat membalikkan dagingnya supaya matang dengan merata. Kalau enggak, kamu malah akan makan daging hangus.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: thekitchn.com

Jangan memeriksa tingkat kematangan dengan menusukkan garpu. Kalau sampai kamu lakukan, itu akan merubah tekstur dari daging steak itu sendiri.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: bbqbooster.com

Membalik daging berkali-kali. Cukup membakarnya, melihat perubahan warna daging, kemudian baru lah kamu balik ke sisi satunya. Jangan melakukan hal ini berulang-ulang karena bisa membuat dagingnya enggak juicy lagi.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: tailgategrilling.com

Jangan sajikan steak langsung dari wadahnya. Sisihkan dulu dagingnya selama kurang lebih 10 menit. Baru setelah itu kamu bisa langsung menghidangkannya.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: telegraph.co.uk

Enggak memberi bumbu pada steak sebelum disajikan. Karena sudah melalui proses memasak yang sedemikian rupa. Sebaiknya, kamu menambahkan bumbu kembali pada daging steak yang hendak disajikan.

8 Hal yang Seharusnya Nggak Kamu Lakukan Saat Memasak 'Steak'. | via: spruillbros.com

Kalau ternyata kamu tahu hal lain yang jangan sampai dilakukan saat memasak steak, langsung tambahkan di kolom komentar aja.

 

Baca Juga: Resep Pasta Pedas Praktis yang Dimasak Hanya Dalam 30 Menit

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Asnida Riani
    Author
    Asnida Riani
  • Asnida Riani
    Editor
    Asnida Riani