Sukses

Food & Travel

Kota Besar dengan Udara Terbersih se-ASEAN Ada di Indonesia

Bintang.com, Jakarta Satu lagi alasan untuk pelesiran di dalam negeri. Baru-baru ini, ada salah satu wilayah di Indonesia yang menyebet penghargaan kota besar dengan udara paling bersih se-ASEAN. Seperti dikutip Antara, Jumat (15/9/2017), kota yang dimaksud, tak lain tak bukan, adalah Bandung, Jawa Barat.

Dalam ajang The 4th ASEAN Environmentally Cities Award yang berlangsung di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Selasa (12/9/2017), Bandung berhasil kampiun dalam kategori kota besar dengan udara paling bersih se-ASEAN. Penghargaan ini diberi berdasarkan penilaian rentetan program pemerintah Kota Kembang dalam upaya mendukung kualitas lingkungan hidup.

Beberapa di antaranya, pembentukan tim teknis pengendali polusi udara, sosialisasi manajemen kualitas udara melalui seminar dan lokakarya, juga pengujian emisi kendaraan bermotor. Program lain yang turut ambil andil, yakni pemasangan alat pemantau kualitas udara di 27 titik, serta penempatan Air Quality Monitoring System (AQMS) di Dago Pakar, Pajajaran, Gedebage, dan Ujungberung. Belum selesai, penerapan car free day di tiga tempat setiap pekan, serta kampanye mobilitas rendah emisi seperti bike to school dan bike to work juga punya peran tersendiri.

Grafika Cikole, Bandung. (Sumber Foto: crizcjk.blogspot.com)

"Alhamdulillah. Kota Bandung mendapatkan penghargaan ASEAN Environment Award untuk kategori Kota Metropolitan dengan kualitas udara terbersih dan terjaga. Award Langit Biru ini diberikan di Bandar Seri Begawan di Brunei Darussalam. Terima Kasih untuk semua pihak yang selalu menjaga kebersihan lingkungan khususnya kualitas udara di Kota Bandung agar selalu bersih dan biru. Hatur Nuhun” tutur Wali Kota Bandung, Ridwal kamil.

Selain Bandung, ada tiga kota lain di Indonesia yang mendapat penghargaan, yaitu Makassar dengan predikat Clean Land, Clean Water untuk Malang, dan Kabupaten Tulungagung yang menyabet ESC Award. Jadi, menghabiskan waktu sambil menghirup segar udara Bandung tentulah bukan satu ide buruk untuk dilakukan.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Asnida Riani
    Author
    Asnida Riani
  • Asnida Riani
    Editor
    Asnida Riani