Sukses

Food & Travel

5 Kuliner yang Digilai Orang Indonesia tapi Bule Nggak Suka

Bintang.com, Jakarta Jika berbicara soal makanan, selera orang memang berbeda-beda. Ada satu sajian yang begitu disukai, mungkin oleh begitu banyak orang, tapi malah tak jadi favorit sebagiannya, tak terkecuali kuliner Indonesia. Masa sih padahal sebegitu enak?

Ya, ternyata ada lho kuliner dalam negeri yang digilai orang Indonesia, tapi justru dihindari bule. Soal mengapa, jawabannya mungkin bisa sangat beragam. Mulai dari rasanya yang kurang familiar, entah secara bahan dasar maupun bumbu, hingga menakutkan sedari tampilan. Ada juga yang mempersepsikannya sebagai makanan tak biasa.

Dengan begini, kamu jadi punya perspektif kalau nggak semua kuliner dalam negeri cocok di lidah bule. Bukan berarti juga disukai semua orang Indonesia, tapi setidaknya iya oleh sebagian besar. Di samping mencatatkan beberapa nama sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Travelkuliner Indonesia punya sisi lain yang menarik untuk disimak. Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (11/8/2017), ini deretan kuliner yang digilai orang Indonesia tapi bule nggak suka.

Ceker ayam. Konsep memakan kaki ayam mungkin tak lumrah di negara lain, mengingat tingkat kehigienisan bagian tubuh unggas tersebut. Tapi, buat orang Indonesia dan beberapa penduduk di kawasan ASEAN, ceker adalah surga dunia. Ditambah bumbu yang pedasnya nampol, kuliner ini sulit ditolak kelezatannya.

Bubur Gudeg Gejayan, Yogyakarta. (Sumber Foto: javafoodie/Instagram)

Nangka. Entah dimakan utuh atau setelah diolah, banyak yang bilang tekstur nangka terasa sedikit aneh. Apalagi setelah orang-orang asing itu tahu kalau mereka memakan buah yang dimasak. Gagasan itu sering kali mengubah ekspresi mereka jadi begitu terkejut. Tapi buat kita? Nangka adalah bahan makanan yang enaknya nagih. Buktinya gudeg masih laku sampai sekarang. 

1 dari 2 halaman

Rasa Jeroan yang Jadi Tantangan

Jeroan. (Sumber Foto: richer_ren/Instagram)

Jeroan. Biasa dijadikan sup dengan perpaduan bumbu nan gurih, memakan jeroan, di mana kambing dan sapi jadi yang paling lumrah, tentulah bukan satu hal aneh bagi orang Indonesia. Tapi, coba ajak bule makan makanan ini. Jangan beritahu dulu kalau itu jeroan, biar ia memakan barang beberapa suap, tanya komentar, beri tahu, dan lihatlah ekspresi mukanya.

Durian. (Sumber Foto: apple2233/Instagram)

Durian. Buah yang satu ini jarang banget absen dari vlog para vlogger dunia kalau tengah traveling ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bagi orang Indonesia, nikmat durian sungguhlah tiada dua, tapi buat bule? Aromanya saja sudah terasa aneh. Rasanya yang sedikit creamy terkadang tadi jadi cicipan lezat. Tapi, beberapa juga ada yang suka.

Ikan asin. (Sumber Foto: aryanafrederick/Instagram)

Ikan asin. Kita tak bisa makan sayur asam tanpa ikan asin ya? Tapi di lidah bule, makanan ini terasa terlalu asin. Karena rasa yang tak demikian familar, banyak orang asing yang tak suka dengan ikan asin. Ditambah baunya yang cukup menyengat, kuliner ini tak jadi kegemaran bule. Namanya juga orang ya, seleranya berbeda-beda.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Asnida Riani
    Author
    Asnida Riani
  • Asnida Riani
    Editor
    Asnida Riani