Sukses

Food & Travel

Pertama Kali Solo Travel ke Luar Negeri? Kamu Harus Tahu Ini

Bintang.com, Jakarta Indonesia memang begitu indah di sejauh langkah yang bisa dijejak, namun kamu juga punya tak kurang alasan untuk bertolak ke luar negeri. Memperbarui sensasi traveling dengan bentukan budaya yang sudah pasti lain tentu terdengar menarik untuk dilakoni, termasuk saat ingin pergi sendiri.

Seperti perjalanan pada umumnya, jenis penjelajahan ini pun memerlukan persiapan yang tak kalah matang dan terorganisir. Apalagi, ini merupakan kali pertama, entah di bagian keluar negerinya, pergi sendiri, atau malah keduanya. Sebelum pergi, penting kiranya untukmu mengetahui beberapa tips agar perjalanan berjalan sebagaimana yang diinginkan.

Dalam agenda demi agenda yang disusun, kamu tentu tak ingin terlalu banyak interupsi, di mana perihal tersebut mengharuskanmu berimprovisasi. Beberapa kali boleh-boleh saja, itu malah memberi warna tersendiri ketika travelingTapi kalau terlalu banyak? Dikutip dari berbagai sumber, inilah deretan tips yang perlu kamu tahu kalau ingin pergi sendiri ke luar negeri untuk kali pertama.

Tips solo travel ke luar negeri untuk pertama kali. (Sumber Foto: hi.lily/Instagram)

Berbagi itinerary. Kamu tengah pergi jauh, sendiri, dan melakukan berbagai hal yang mungkin saja baru. Risiko untuk kenapa-kenapa hampir pasti ada di tiap waktu. Jadi, pastikan ada orang dekat yang tahu kamu sedang apa dan di mana.

Entah itu orangtua atau pacar, setidaknya kamu punya satu-dua orang yang dipercaya untuk tetap mengetahui keberadaanmu. Jadi bila hal buruk terjadi, setidaknya pertolongan akan diberikan dengan lebih terarah. Pastikan juga kamu tetap menghubungi mereka di waktu-waktu yang telah disepakati.

1 dari 2 halaman

Buat Salinan Dokumen Penting

Pastikan menyalin dokumen penting. Mengingat ini adalah kali pertama, maka persiapanmu harus sedikit ekstra. Bisa berimbas pada kemudahan di perjalanan selanjutnya, pastikan kamu punya salinan dokumen-dokumen penting.

Tips solo travel ke luar negeri untuk kali pertama. (Sumber Foto: martin4seasons_mc/Instagram)

Jangan hanya fisik, kalau bisa, scan dan taruh di draft email pribadi agar mudah diakses, kapanpun kamu membutuhkannya. Kehilangan dokumen penting dan tak punya salinannya sama sekali hampir pasti sanggup meluluhlantakkan semua rencana perjalanan.

Jangan lupa bersenang-senang. Berbagai persiapan dan resah lantaran ingin traveling ke luar negeri untuk kali pertama memang hampir pasti menghantui. Tapi, jangan sampai tak membuatmu menemukan kesenangan di dalamnya.

Tips solo travel ke luar negeri untuk kali petama. (Sumber Foto: crystiantimothy/Instagram)

Santai dan tetap waspada, juga tak banyak menyita perhatian merupakan salah satu cara untuk membuat perjalanan tetap aman. Berusahalah untuk berteman dengan sesama traveler agar kamu tak merasa benar-benar sendiri. Well, happy traveling!

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Asnida Riani
    Author
    Asnida Riani
  • Asnida Riani
    Editor
    Asnida Riani