Sukses

Food & Travel

4 Jajanan Pasar yang Lebih Enak Dimakan Saat Buka Puasa

Bintang.com, Jakarta Jajanan tradisional, jajanan pasar, atau jajanan jadul, apapun panggilannya kamu pasti sepakat bahwa makanan-makanan ini memang selalu bikin kangen. Meskipun tidak dibuat dengan alat-alat yang modern, bahkan ada yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasaknya, dan bahan-bahannya pun diambil dari yang ada di alam, tapi rasanya tak ada yang menandingi.

Beruntungnya karena banyak orang yang kangen, jadi banyak pedagang yang mulai kembali menjual jajanan pasar atau jajanan tradisional ini, meskipun rasanya tidaklah seenak makanan yang dulu. Ya, banyak orang yang mungkin sependapat kalau jajanan jadul yang dibuat atau dijual oleh mbah-mbah alias nenek-nenek atau kakek-kakek rasanya pasti lebih enak karena bahan serta cara pembuatannya masih menggunakan cara lama.

Dan berikut ini adalah jajanan pasar yang rasanya akan lebih enak jika dimakan saat buka puasa. Meskipun pada dasarnya kalau buka puasa makan atau minum apa saja pasti enak sih. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Klepon. Berwarna hijau cerah, makanan berbentuk bola-bola kecil ini memang enak banget, apalagi kalau dimakan saat baru jadi. Gula merah yang ada di dalam bisa langsung pecah dimulut, dan dalam seketika rasa manis dan rasa gurih dari parutan kelapa menjadi satu. Ahhh, enak banget pokoknya.

2. Puthu. Biasanya dijual bersamaan dengan Klepon. Bahan-bahan yang digunaka untuk membuat kue Puthu juga hampir sama dengan kue klepon. Tinggal pilih deh, kamu mau buka puasa pakai kue Puthu atau Klepon.

3. Kue Lopis. Satu lagi jajanan pasar yang lebih enak dimakan saat buka puasa, kue Lopis. Kalau Klepon gula merahnya ada di dalam, maka kue Lopis gula merahnya ada di luar, atau lebih tepatnya beras ketan yang telah dibentuk segitiga atau bundar disiram dengan saus yang terbuat dari gula merah. Manisnya bisa bikin tenaga kamu balik lagi setelah seharian berpuasa.

4. Cenil. Kue penuh dengan warna-warni ini terbuat dari tepung sagu yang diberi parutan kelapa dan taburan gula putih kalau kamu menginginkan rasa yang lebih manis. Makanan yang satu ini memang sudah jarang sekali. Tapi saat bulan Ramadan, makanan ini banyak yang jual lho.

Jadi kangen masa lalu ya? Masa lalu saat bisa makan jajanan pasar yang enak-enak tersebut sepuasnya. Setelah minum es kelapa murni atau es campur, kamu bisa langsung makan Klepon, Puthu, Kue Lopis atau pun Cenil nih.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul