Sukses

Food & Travel

Menu Sahur: Pancake with Apple and Raisin Compote

Bintang.com, Jakarta Sesekali tak ada salahnya sahur dengan makanan manis. Menyantap pancake hangat di pagi hari sepertinya asyik juga. Topping apel dan kismis yang dimasak dengan campuran kayu manis membuat pancake berasa asam manis segar. Siapkan compote di malam hari agar rasanya makin meresap. Paginya, kamu tinggal bikin pancake yang tak membutuhkan waktu lama untuk mematangkannya.

Bagaimana, menu dari Bintang Tasty ini pastinya lebih simple, kan? Sangat cocok buat kamu yang nggak suka ribet dan nggak terlalu lama menyiapkan menu sahur. Intip bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pancake with Apple and Raisin Compote di bawah ini yuk

Pancake:

175 ml susu cair

2 sdt air jeruk lemon

150 g tepung terigu serbaguna

¼ sdt garam

2 sdm gula pasir

1 sdt double acting baking powder

¼ sdt soda kue

Menu Sahur: Pancake with Apple and Raisin Compote.  (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

1 butir telur ukuran kecil, kocok

Margarin, untuk olesan

Madu, untuk pelengkap

Apple & Raisin Compote:

100 g apel malang/apel hijau kupas, potong dadu 1 cm

50 g gula palem

2 cm kayu manis

25 g kismis, rendam air hingga mekar

Jika semua bahan telah kamu siapkan, maka sekarang kamu bisa simak cara memasaknya di bawah ini ya…

Menu Sahur: Pancake with Apple and Raisin Compote.  (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

1. Apple & Raisin Compote: Masukkan apel ke dalam wajan/panci bersama gula palem, biarkan gula mencair. Masak hingga apel layu tetapi masih renyah, tambahkan kismis, aduk rata, angkat.

2. Campur susu dan air jeruk lemon, aduk hingga tampak agak mengental, sisihkan.

3. Campur tepung terigu, garam, gula pasir, baking powder, dan soda kue dalam mangkuk.

4. Masukkan campuran susu dan telur, aduk hingga menjadi adonan yang halus. Diamkan ± 15 menit hingga adonan halus.

5. Panaskan wajan datar, olesi dengan sedikit margarin. Tuang 1 sendok sayur (± 50 ml) adonan ke dalam wajan, masak hingga bagian bawah berwarna kecokelatan. Balik, masak sisi yang satu hingga kecokelatan, angkat.

6. Susun 2 buah pancake di atas piring, siram dengam apple & raisin compote. Jika ingin lebih basah/lembab, tambahkan sedikit madu di atasnya.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Gadis Abdul
    Author
    Gadis Abdul
  • Gadis Abdul
    Editor
    Gadis Abdul