Sukses

Food & Travel

Sop Kambing Legendaris dari Medan Kini Hadir di Jakarta

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Buat orang Medan nama rumah makan Sop Kambing H.A Bachtiar tentunya sudah tidak asing lagi. Terletak di Jalan Tapanuli, Pandau Hilir, Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara, inilah salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi saat pergi ke Medan. Ya, tak hanya untuk mereka yang tinggal di Medan, sop kambing yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini telah memikat hati banyak orang. Tak heran jika mereka mengaku selalu rindu.

“Mereka yang tinggal di Jakarta katanya susah sekali menemukan sop kambing seperti ini. Mau orang Medan yang tinggal di Jakarta, atau orang Jakarta yang memang pernah ke Medan dan makan sop kambing ini pasti bilangnya kangen sama rasanya,” ujar Vivi Agustina, pemilik Sop Kambing H.A Bachtiar sekaligus penerus bisnis orangtuanya tersebut kepada Bintang.com. Beruntung, setelah 30 tahun lamanya tak berniat untuk membuka cabang, kini Vivi pun berubah pikiran.

Pada 2 Mei 2017 Sop Kambing H.A Bachtiar yang terletak di Jalan Kaji No.16, Harmoni, Jakarta Pusat akhirnya resmi dibuka. “Kami pastikan kalau rasa Sop Kambing H. Bachtiar yang ada di Jakarta tidak berbeda dengan yang ada di Medan,” sambung Normandia atau Ninung yang merupakan rekan bisnis Vivi Agustina. Kalau soal tempat, Vivi mengaku memang ada beberapa perbedaan, salah satu yang paling kentara adalah udaranya.

Normandia (Ninung) dan Vivi Agustina, pemilik Sop Kambing H.A Bachtiar. (Bintang.com/Bambang E. Ros)

Kamu yang terbiasa makan sop kambing dipinggir jalan pasti sudah kenal dengan suasana khas tempat makan tersebut, yakni panas. “Di Medan meskipun suasananya panas karena nggak pakai AC, tapi tetap saja mereka makan. Datang lagi dan lagi,” ujar Vivi. Suasana panas memang tidak terasa sama sekali di Sop Kambing H. Bachtiar cabang Jakarta. Meskipun tidak pakai AC, namun yang kamu rasakan hanyalah nyaman.

Sop Kambing H.A Bachtiar. (Bintang.com/Bambang E. Ros)

Tempatnya cukup terbuka, bahkan letaknya berhadapan dengan dapur dimana kamu bisa melihat para koki dan pelayan tengah sibuk mempersiapkan menu pesanan untuk para pelanggan yang datang. Bangku plastik dengan warna-warni sengaja dipilih untuk menambah nafsu makan para pelanggan. Percaya atau tidak, saat semangkuk sop kambing sudah tersaji di atas meja, rasanya tak perlu melihat bangku warna-warni lagi nafsu makan kamu pasti akan meningkat dan ingin segera melahap habis sop dengan kuah yang panas serta wangi yang menggiurkan itu.

Sop Kambing H.A Bachtiar. (Bintang.com/Bambang E. Ros)

Untuk orang-orang yang tidak suka dengan daging kambing karena bau kambingnya masih tercium, maka kamu tidak perlu khawatir. Sop Kambing H.A Bachtiar tidak tercium bau kambingnya sedikit pun. “Kita pilih kambing muda, sehingga dagingnya juga empuk. Rempah-rempah yang dikirim langsung dari Medan itu membuat daging jadi tak berbau lagi,” jelas Vivi.

Sate Kambing dan Iga BBQ di Sop Kambing H.A Bachtiar. (Bintang.com/Bambang E. Ros)

Tak cuma sop kambing, kamu juga akan menemukan beberapa menu spesial kambing lainnya, seperti iga BBQ, sate kambing, dan nasi goreng kambing. Kesimpulannya? Semua menunya nggak akan pernah membuatmu menyesal. Dagingnya memang sangat empuk, bahkan kamu tak membutuhkan pisau untuk memisahkan daging dengan tulangnya. Untuk menu pendamping, kamu bisa memesan es mentimun, juice kolang kaling, atau minuman segar lainnya.

Minuman Segar di Sop Kambing H.A Bachtiar. (Bintang.com/Bambang E. Ros)

Menu spesial kambing di Sop Kambing H.A Bachtiar Jakarta dijual dengan harga mulai dari Rp39 ribu hingga Rp130 ribu. Untuk minumannya, mulai dari Rp6 ribu hingga Rp20 ribu. Jam buka: 12.00 WIB – 21.00 WIB. Sementara saat Ramadhan akan dibuka mulai pukul 16.00 WIB – 23.00 WIB.

0 Komentar

Belum ada komentar