Sukses

Food & Travel

Apa yang Bikin Sate Taichan Banyak Disukai?

Bintang.com, Jakarta Belakangan ini penjual sate Taichan semakin menjamur, terutama di tempat hangout anak muda. Dari namanya, mungkin banyak yang mengira sate ini berasal dari negara Asia seperti Korea atau Jepang. Padahal sate ini kreasi asli Indonesia, lho. Yang membuat sate ini unik adalah tidak menggunakan bumbu seperti sate ayam, kambing maupun jenis sate lainnya.

Dari awal munculnya sate ini, banyak cerita di balik itu yang mungkin belum kamu tahu. Seperti dilansir dari qraved, awal menjamurnya sate Taichan beberapa tahun lalu sempat membuat heboh media sosial maupun televisi. Tampilan sate ini memang jauh dari kata menggoda, hanya berwarna putih tapi masih dibantu lumuran sambal yang menyelimuti hampir di setiap sisi sate.

Menurut Amir, seorang pemilik gerai sate Taichan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, nama Taichan diambil dari sebutan seorang pengunjung asal Jepang yang sedang mampir kala itu. Namun saat itu, ia meminta untuk memasak sendiri sate yang dipesan.

Sate ayam yang ia buat tidak menggunakan kecap maupun bumbu kacang, namun hanya ditaburkan garam ke daging, lalu jeruk dan sambal di atasnya. Setelah itu, Pak Amir bertanya apa nama yang pas buat sate itu. Si pelanggan tersebut menyebutnya sebagai sate taichan. Dari situlah sebuah ide dan kreasi baru terlahir oleh Pak Amir.

Setelah kejadian tersebut, Pak Amir bersama dua temannya bernama Bang Ocit dan Bang Heri langsung bersama-sama menjual hidangan ini dengan jarak warung tak jauh bersebelahan. Ketiga warung ini ternyata selalu ramai pengunjung. Bahkan saat warung baru saja dibuka, tiba-tiba langsung dipenuhi banyak orang.

Yang paling disukai biasanya adalah sensasi daging ayam dan kulit yang dipanggang selama lima menit di atas bara api. Setelah matang, sate dilumuri lagi dengan minyak sayur, perasan jeruk nipis, dan penyedap rasa. Lalu terakhir dinikmati dengan sambal yang bisa dituang sendiri oleh pelanggan. Bisa dibilang, sate taichan termasuk makanan favorit penyuka makanan pedas!

 

kurleb 1,5 jam waiting list utk nyobain sate Taichan ini 😖

Foto kiriman Astrin Octavianti (@astrinoctavianti) pada

Sekarang ini di banyak daerah sudah mulai bermunculan warung sate yang menyediakan sate taichan. Bahkan ada yang membuat sejumlah kreasi baru. Tapi kalau kamu ingin mencoba langung pelopor sate ini di kawasan Senayan, sebaiknya datang lebih awal dari jam 9 malam, supaya kamu kebagian nomor awal antrian dan tak perlu menunggu lama-lama.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens
  • henryhens
    Editor
    henryhens