Sukses

Food & Travel

5 Tips Tentang Serba-serbi Uang Ketika 'Traveling'

Bintang.com, Jakarta Traveling memang sudah jadi gaya hidup bagi sebagian besar orang belakangan ini. Mengetahui berbagai aspek yang memengaruhi perjalanan tersebut pun jadi satu hal yang krusial untuk diketahui. Karenanya, berbagai tips perjalanan pun 'disebarkan' para penjelajah demi perjalanan yang lebih baik.

Pergi traveling dengan atau tanpa agen tour, kamu harus tetap memperhatikan aspek keuangan selama perjalanan. Terlebih, kalau bertandang ke negeri asing dengan mata uang berbeda. Supaya memudahkan perjalananmu, simak dulu tips-tips tentang serba-serbi uang berikut ini.

Untuk mata uang yang mudah ditemukan di Indonesia, seperti USD, SGD, MYR, THB, CNY, JPY, Euro, HKD, AUD, dan SAR, kamu bisa menukarkannya di money changer sebelum berangkat. Tapi kalau kamu ada di kota yang sulit menemukan tempat penukaran uang, sebaiknya tukarkan di tempat tujuan saja.

Kalau bertandang ke negeri dengan mata uang yang sulit ditemukan di money changer, seperti Taiwan, Korea, Selandia Baru, Vietnam, dan Filipina, kamu bisa menukarnya ke USD terlebih dahulu, atau AUD kalau ingin ke Selandia Baru. Saat sampai, kamu bisa tukarkan langsung dengan mata uang lokal.

Gunakan website terpercaya untuk mengetahui informasi kurs. Sebelum menukar, kamu juga harus mengetahui nilai tukar mata uang tersebut, sehingga tek tertipu saat berada di tempat penukaran uang. Beberapa bank di Indonesia menyediakan info kurs ini di laman website mereka.

Kalau kamu sudah merencanakan biaya perjalanan, jangan lupa membawa uang lebih sebesar 10% hingga 25% dari jumlah keseluruhan biaya yang sudah direncanakan sebelumnya. Biaya lain-lain ini penting untuk diadakan karena kamu tak tahu akan ada halangan apa selama perjalanan.

Kalau mengalokasikan dana untuk belanja dan oleh-oleh sebaiknya buat daftar terlebih dahulu. Sebenarnya kalau di poin ini sifatnya tentatif. Beda orang, beda juga pengeluaran biaya untuk belanja dan oleh-oleh. Hal ini bisa diatasi dengan membuat daftar perkiraan dan tetap disiplin pada daftar tersebut.

Karena pengaturan uang pun disiplin, traveling jadi terasa lebih menyenangkan. Semua tinggal bergantung pada perencanan dan eksekusi akan rencana tersebut. Karena semua pilihan tetap ada ditanganmu. Kalau mau berbagai tips serba-serbi uang lainnya, langsung tuliskan di kolom komentar saja.

 

Baca Juga: 7 Tips Ini Harus Kamu Ketahui Supaya Lebih Aman Saat 'Traveling'

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Asnida Riani
    Author
    Asnida Riani
  • Asnida Riani
    Editor
    Asnida Riani