Sukses

Food & Travel

Berhenti Lakukan Kesalahan-Kesalahan Ini Agar Selalu Cantik

Bintang.com, Jakarta Siapa yang gak mau selalu terlihat cantik? Tapi ada loh beberapa kesalahan dalam berdandan yang bikin kadar cantikmu berkurang. Dan ternyata kesalahan-kesalahan tersebut sering juga dilakukan oleh kamu-kamu yang rutin berdandan. Bintang.com merangkum 20 kesalahan dalam berdandan yang harus segera kamu hentikan setelah selesai membaca artikel ini. Cekidot!

Malas Mencuci Kuas Make Up
Malas mencuci kuas make up | via: shutterstock

Bahkan make up artis pun mengakui kalau kegiatan membersihkan kuas ini adalah yang paling tidak disukai dalam pekerjaan mereka. Tapi walau pun kamu tidak peduli kalau kuas kotor dapat menyebabkan jerawat, jangan lupa kalau mereka juga dapat mempengaruhi make up mu. Tidak hanya warnanya yang akan bercampur, tapi juga kamu akan kesulitan mengaplikasikan teknik make up tertentu jika kuasmu kotor.

Menggunakan Bronzer di Seluruh Wajah
Menggunakan bronzer di seluruh wajah | via: shutterstock

Kalau menginginkan kilau ala sinar matahari di wajahmu, gunakan krim self-tanner untuk wajahmu. Bukan bronzer karena garis rambut dan lehermu akan terlihat jelek. Aplikasikan bronzer hanya di daerah hidung, dagu, dan kening saja.

Mengetes Foundation di Punggung TanganMengetes foundation di punggung tangan | via: shutterstock

Kulit wajah dan tanganmu seringnya tidak berwarna senada karena mereka tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang sama. Untuk itu cobalah foundation di tulang dagu untuk menyesuaikan dengan warna kulit wajah.

Tidur Tanpa Membersihkan Make Up
Tidur tanpa membersihkan make up | via: shutterstock

Ya, kamu tahu ini buruk. Makanya industri kecantikan pun sampai menciptakan produk tisu pembersih wajah. Malas membersihkan wajah tidak hanya menyebabkan timbulnya jerawat, tapi juga penuaan dini. Make up mu akan bertahan di dalam pori-pori dan merenggangkannya. Hal tersebut akan terjadi secara permanen. Pori-pori membesar = kulit kasar dan tampak tua.

Mengaplikasikan Concealer dengan Teknik yang Salah
Mengaplikasikan concealer dengan teknik yang salah | via: shutterstock

Ketika kamu pikir mengaplikasikan concealer di permukaan lingkaran hitam sudah benar, ternyata mengaplikasikannya dengan bentuk segitiga ke bawah mata menciptakan efek mencerahkan lebih sempurna dan terlihat lebih alami.

Mengaplikasikan Lipliner Hanya di Sebagian Bibir
Mengaplikasikan lipliner hanya sebagian | via: shutterstock

Jangan pernah lakukan ini lagi kecuali jika kamu menginginkan tampilan ala 90an. Bahkan jika kamu memulaskan lipstik di atasnya, warna bibirmu akan memudar dan meninggalkan lingkaran yang tidak bagus di sekelilin mulutmu. Untuk itu, gunakan lipliner untuk membingkai SELURUH bagian bibirmu.

Menggunakan Maskara Waterproof Setiap Hari
Menggunakan maskara waterproof setiap hari | via: shutterstock

Kamu tidak perlu menggunakan maskara dengan formula anti-air setiap hari kecuali kalau kamu mudah berkeringat. Maskara jenis ini memiliki formula yang membuat bulu mata kering. Dan karena maskara ini sangat sulit dibersihkan, kemungkinan besar kamu akan lebih lama menggosok matamu selama proses pembersihan dan berakhir dengan rontoknya beberapa helai bulu mata.

Melewati Lapisan Dasar Kuteks
Melewati lapisan dasar kuteks | via: shutterstock

Jika kamu memikirkan kenapa manikur yang kamu lakukan di rumah tidak pernah bertahan lebih dari beberapa hari tanpa mengelupas, inilah alasannya. Lapisan dasar kuteks 'mencengkram' kuteksnya, menghasilkan cat yang lebih tahan lama.

Menggunakan Perona Pipi dengan Formula yang Tidak Tepat
Menggunakan perona pipi dengan formula yang salah | via: shutterstock

Jika perona pipimu terlihat tidak alami, segera ganti dari krim ke bubuk (atau sebaliknya). Perona bubuk bertahan lebih lama, namun perona krim meninggalkan tampilan yang paling alami.

Menggunakan Terlalu Banyak Foundation
Menggunakan terlalu banyak foundation | via: shutterstock

Tidak ada alasan untuk mengaplikasikan foundation ke seluruh wajahmu kecuali untuk menyembunyikan warna kulit tidak merata atau noda di wajah. Menggunakan foundation di seluruh wajah dapat membuat tampilanmu seperti menggunakan topeng. Lebih baik fokuskan hanya di daerah bermasalah seperti T-zone, sekitar hidung, dan di bawah mata. Selebihnya, biarkan sisa kulit wajahmu tampil segar.

Tidak Menggunakan Krim Dasar Sebelum Menggunakan Eyeshadow Ber-glitter
Tidak menggunakan krim dasar sebelum menggunakan eyeshadow ber-glitter | via: shutterstock

Jika kamu membenci eye shadow ber-glitter karena serpihannya yang sering menyebar di wajah (baca: glitter di seluruh wajahmu setelah mengaplikasikan di mata), berarti kamu salah mengaplikasikannya. Basahi kuas dengan tetes mata untuk mengurangi mata merah, sapukan di warna eye shadow ber-gliter favoritmu, lalu aplikasikan pada kelopak mata. Terdengar aneh namun glitter lebih menempel dengan cara seperti ini.. Glitter yang berjatuhan bisa dienyahkan menggunakan selotip.

Tidak Memperhatikan Concealer yang Dipakai
Tidak memperhatikan concealer yang dipakai | via: shutterstock

Jika kamu pikir sudah berhasil menyembunyikan noda di wajah atau lingkaran di bawah mata hanya dengan olesan satu produk, pikir lagi. Bahkan dengan menggunakan primer, concealer dapat memperlihatkan rahasia paling gelap (atau paling merah) kulitmu. Untuk itu, kunci tampilanmu dangan menyapukan sedikit bedak bening.

Menjepit Bulu Mata yang BermaskaraMengeriting bulu mata yang bermaskara | via: shutterstock

Ini adalah yang harus sangat dihindari. Bukan hanya kamu akan merusak maskara yang sudah kamu aplikasikan dengan sempurna, tapi penjepitnya juga akan menempel dan mencabut bulu matamu.

Memulaskan Perona Pipi dengan Cara yang Salah
Memulaskan perona pipi dengan cara yang salah | via: shutterstock

Semoga kamu tidak pernah mengaplikasikan perona sengan 2 bulatan di pipimu seperti badut. Senyum, lalu aplikasikan perona dari pipi memanjang ke tulang pipi. Pastikan warnanya bercampur dengan baik.

Menambahkan Cairan Penghapus Kuteks ke Dalam Botol Kuteks yang Hampir Mengering
Menambahkan cairan penghapus kuteks ke dalam botol kuteks yang hampir mengering | via: shutterstock

Kimia di cairan penghapus kuteks merusak kuteks (masuk akal karena memang dibuat untuk itu), sehingga kuteks menjadi semakin tidak dapat digunakan. Lebih baik gunakan cairan tiner untuk kuteks.

Berdandan di Tempat yang Salah
Berdandan di tempat yang salah | via: shutterstock

Mungkin terasa konyol untuk berdandan di teras, namun itu dapat memberimu hasil terbaik. Selalu berdandan di, tidak hanya di ruangan dengan pencahayaan cukup, tempat dengan pencahayaan yang hampir sama dengan tujuanmu. Jika kamu berangkat ke kantor yang sangat cerah seperti sinar matahari setelah berdandan di kamar mandi yang gelap, dijamin rekan kerjamu akan langsung melihat kegagalanmu dalam berbaur.

Menyimpan dan Memakai Produk Make Up yang Sudah Kedaluwarsa
Menyimpan dan memakai produk make up yang sudah kedaluwarsa | via: shutterstock

Kalau kamu masih menggunakan eye shadow yang kamu miliki sejak SMA dan sekarang kamu sudah bekerja atau bahkan punya anak, hentikan itu dan buang eye shadow mu! Produk make up juga memiliki kedaluwarsa. Bisa bulanan atau tahunan. Tergantung produknya.

Mengoleskan Warna Concealer yang Salah
Mengoleskan warna concealer yang salah | via: shutterstock

Mungkin terlihat masuk akal untuk mengaplikasikan warna yang lebih cerah di wajahmu. Namun realitanya, hal tersebut justru menarik perhatian pada apa yang mau kamu sembunyikan. Sesuaikan warna concealermu dengan foundation yang seharusnya sesuai dengan warna kulit aslimu.

Memompa Maskara yang Hampir Habis

Memompa maskara yang hampir habis | via: shutterstock

Ketika kamu melakukan ini, kamu sebenarnya tidak akan mendapatkan sedikit pun sisa maskara di dalam botol. Kamu malah memompa angin masuk ke dalam botol sehingga dapat mengeringkan maskara itu. Belilah maskara baru kecuali jika kamu ingin bulu mata yang terlihat menggumpal.

Menggunakan Foundation dan Primer yang Formulanya Berbeda
Menggunakan foundation dan primer yang formulanya berbeda | via: shutterstock

Jika kamu menggunakan foundation berbahan dasar air, jangan pasangkan dengan primer berbahan dasar silikon. Hal tersebut tidak akan bagus hasilnya dan akan menyebabkan kedua produk tersebut terlihat menumpuk di wajah. Untuk hasil terbaik, gunakan foundation berbahan dasar air dengan primer yang juga berbahan dasar air. Lakukan hal yang sama untuk foundation berbahan dasar silikon dengan primer yang juga berbahan dasar silikon.

 

Nah demikian kesalahan-kesalahan yang harus segera dihentikan kalau kamu mau selalu cantik. Semoga ke depannya kamu gak pernah melakukan satu pun yang sudah disebutkan di atas ya! ^^

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Sherly Iskandar
    Author
    Sherly Iskandar
  • Sherly Iskandar
    Editor
    Sherly Iskandar