Sukses

Celeb

Indosiar Satukan Semangat Persatuan Lewat Liga Dangdut Indonesia

Bintang.com, Jakarta Sukses dengan Dangdut Academy, Indosiar kembali berinovasi guna berandil untuk memajukan musik dangdut di Indonesia. Di awal tahun 2018, Indosiar dengan bangga memperkenalkan Liga Dangdut Indonesia (LIDA) sebagai ajang pencarian bakat penyanyi dangdut terbaik di tanah air.

Yang membedakan LIDA dengan Dangdut Academy adalah proses audisinya yang menyaring seluruh penyanyi berbakat dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Setidaknya, secara keseluruhan, total yang mengikuti proses audisi ada sebanyak 11 ribu peserta sampai pada akhirnya terpilih 170 peserta dimana masing-masing provinsi diwakilkan oleh lima orang peserta.

 Liga Dangdut Indonesia (Adrian Putra/Bintang.com)

"LIDA memang gagasan saya dan tim sudah sejak lama. Saat itu Dangdut Academy populer, saya mau membuat lagi yang lebih besar dan memberikan kesempatan anak-anak di Indo untuk terjun berkiprah secara nasional, dan saat ini saatnya kita melaunching sesuatu yg lebih besar, lebih bermakna, punya pesan bhineka tunggal ika lewat LIDA," ucap Harsiwi Ahmad selaku Direktur Programming Surya Citra Media saat menggelar konferensi pers di SCTV Tower, Senayan, Jumat (12/1/2018).

Dikatakan mengusung pesan persatuan, lantaran Liga Dangdut Indonesia tak hanya mengedepankan kualitas vokal masing-masing pesertanya, melainkan juga budaya daerah dari masing-masing provinsi yang ada di Indonesia.

"Dangdut hanya sarana, tapi gimana kita mengenal budaya adat istiadat satu sama lain. Kita pakai tagline 'Seni Menyatukan' karena dangdut akan menyatukan seluruh masyarakat Indonesia. Semoga ini tak hanya menjadi hiburan, tapi juga mengenal budaya satu sama lain dan menimbulkan rasa cinta pada tanah air," tambahnya.

Preskon Liga Dangdut Indonesia (Adrian Putra/Bintang.com)

Liga Dangdut Indonesia sendiri sudah melangsungkan proses audisi sejak beberapa bulan lalu ke seluruh provinsi di Indonesia. Saat ini, sudah terkumpul 170 peserta dimana masing-masing peserta akan terlebih dahulu bersaing dengan peserta lain yang berasal dari provinsi yang sama lewat tajuk Konser Nominasi bagi masing-masing daerah.

Sebagai juri yang disebut Dewan Dangdut, LIDA mendaulat nama-nama seperti Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Iyeth Bustami, Inul Daratista, Soimah, Nassar, Zaskia Gotik, dan Samuel Wattimena yang akan memberikan penilaian secara objektif. Sementara itu, untuk pemandu acara LIDA dipercayakan pada Ramzi, Irfan Hakim, Gilang Dirga, Arie Kriting, dan Upiak Isil.

LIDA sendiri akan mulai bergulir pada Senin, 15 Januari 2018 lewat Konser Selamat Datang Liga Dangdut Indonesia.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Rivan Yuristiawan
    Author
    Rivan Yuristiawan
  • Nizar Zulmi
    Editor
    Nizar Zulmi