Sukses

Celeb

5 Film Horor Indonesia Pendobrak Rekor Laris Sepanjang Masa

Bintang.com, Jakarta Film laris Indonesia tahun ini didominasi oleh film horor. 5 dari 8 judul film yang masuk box office Indonesia adalah film horor. Ini bisa membalikkan stigma negatif dari film horor.

Selama bertahun-tahun film horor dianggap sebagai momok bagi perfilman Indoneia. Munculnya film horor seksi membuat penonton ogah nonton film Indonesia. Keinginan Joko Anwar untuk mengembalikan 'kehormatan' film horor Indonesia tercapai lewat film Pengabdi Setan.

Dalam postingan yang diunggah pada 5 Desember 2017, film Pengabdi Setan menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa di Malaysia. Beragam komentar dalam status yang mendapat ribuan likes tersebut. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Saya sebagai pecinta genre horor merasa harus bisa mengangkat harkat dan martabat genre horor menjadi genre yang terhormat lagi. Karena selama ini orang menganggap horor itu genre kelas dua. Saya ingin membuat genre horor jadi genre yang terhormat lagi dengan dikerjakan secara serius," ujar Joko saat bertandang ke Bintang.com beberapa waktu lalu.

Kesuksesan film horor tahun ini menurut Joko Anwar karena penggarapannya serius. Penggemar film horor sebenarnya selalu setia menunggu karya terbaru. Karena film horor memiliki kesan yang berbeda dibanding film genre lain.

"Film horor adalah genre film yang sangat jujur menurut saya karena film horor hanya dibuat untuk memberikan pengalaman sinematik kepada penonton. Film horor nggak ada pretensi untuk berceramah memberi pesan moral, betul-betul film dibuat untuk memberikan pengalaman sinematik pada penonton," ujar Joko. Berikut 5 film horor Indonesia tahun 2017 yang mendobrak rekor laris sepanjang masa.

 

 

 

1 dari 6 halaman

1. Pengabdi Setan

Joko Anwar sukses menggebrak industri film horor Indonesia lewat film Pengabdi Setan sebagai film paling laris tahun ini dengan perolehan 4.206.103 penonton. Sepanjang pemutaran film ini di bioskop, netizen juga heboh membuat meme karakter ibu dalam Pengabdi Setan.

Pengabdi Setan juga masuk dalam 13 kategori Festival Film Indonesia 2017. Dan memenangkan 7 kategori. Bonusnya, film Pengambdi Setan juga menuai sukses saat diputar di Malaysia. Ini menjadi pelengkap kesuksesan Joko Anwar di film Pengabdi Setan.

 

2 dari 6 halaman

2. Danur: I Can See Ghosts

Sebelum dirilisnya Pengabdi Setan, Danur: I Can See Ghosts menduduki peringkat pertama film horor terlaris sepanjang masa dengan perolehan 2.736.157. Diangkat novel laris, Danur memiliki penggemarnya sendiri.

"Adalah obsesi saya untuk terus berupaya dan membuktikan bahwa film karya anak negri ini mampu bersaing dengan film-film impor non Indonesia. Bahwa film kita layak diberi tempat dan didukung penuh oleh seluruh masyarakat Indonesia," ungkap produser Manoj Punjabi beberapa waktu lalu.

3 dari 6 halaman

3. Jailangkung

Remake film Jaelangkung dengan duet sutradara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani mengulang sukses di film Jailangkung dengan perolehan 2.550.271 penonton pada tahun 2017. Film ini tayang saat libur sekolah sehingga sangat tepat membidik sasaran penonton remaja.

“Ini pencapaian yang membanggakan karena merupakan hasil kerjasama dan sinergi yang baik. Ini hasil kerja keras semua yang terlibat di film Jailangkung, mulai dari kru, pemain sampai produser,” ucap Jose Poernomo.

4 dari 6 halaman

4. Mata Batin

Mata Batin merupakan ide segar Hitmaker Studios. Film yang dibintangi Jessica Mila ini meraih 1.227.214 penonton. Selain Jessica Mila, film Mata Batin 'Believing is Seeing' juga diperankan oleh Denny Sumargo, Citra Prima, Bianca Hello, dan Epi Kusnandar. Film horor ini disutradarai dan diproduseri Rocky Soraya.

5 dari 6 halaman

5. The Doll 2

Film The Doll 2 membukukan 1.226.864 penonton tahun 2017. The Doll 2 yang dibintangi Luna Maya dan Herjunot Ali. Sejak dirilis pada 20 Juli lalu, film ini memang sudah mendapat sambutan bagus.

The Doll 2 menurut Luna Maya memiliki cerita yang berbeda dari yang pertama. Namun, untuk kualitas cerita dan sisi filmografi, sekuel kedua ini tak kalah dari yang pertama. Terlepas dari segi cerita dan kualitas, lima film horor diatas melakukan promosi secara masive sehingga wajar jika penonton film horor ini membludak.

Tulis Komentar (5)

Kredit

  • Puput Puji Lestari
    Author
    Puput Puji Lestari
  • Puput Puji Lestari
    Editor
    Puput Puji Lestari