Sukses

Celeb

Kontroversi di Balik MAMA 2017 dan Reaksi Penyelenggara

Bintang.com, Jakarta Dua hari sudah MAMA 2017 dilangsungkan di Vietnam dan Jepang. Rasa bahagia menyelimuti para pemenang yang telah diumumkan, seperti Wanna One, TWICE dan Seventeen.

Ajang ini juga menyuguhkan penampilan spesial dari sederet idol yang sedang hits di kalangan pecinta K-Pop. Sebagai show award yang spektakuler, Mnet membuat acara ini dengan sangat megah.

Namun nyatanya acara ini juga mengundang sederet kontroversi. Hal tersebut merebak di kalangan fans, yang memperbincangkan beberapa kejanggalan di MAMA 2017.

Bahkan di Twitter muncul tagar yang kurang lebih artinya "pertimbangkan ulang MAMA 2017". Apa yang terjadi sebenarnya? 

 

1 dari 3 halaman

Temuan janggal fans di MAMA 2017

MAMA 2017 menggunakan sistem online voting, di mana para penggemar bisa memberikan dukungan kepada para idolanya. Dalam periode singkat, sudah jutaan vote tercatat masuk sebagai wujud antusiasme penggemar.

Hasil vote pun ditunjukkan secara terbuka setelah masa voting berakhir. Namun pada kenyataannya ada beberapa nama yang nyatanya tak menang meski mendapat vote tertinggi.

TWICE di MAMA 2017 (Mnet)

Seperti Pristin, yang berhasil meraih piala di kategori New Female Artist mengalhkan Kim Chung Ha. Padahal dari segi jumlah vote, Chung Ha jauh lebih unggul, dengan selisih 6 juta vote lebih.

Hal serupa juga dialami EXO dan BTS. Mereka harus kalah dari Seventeen yang meraih Best Male Group Dance Performance yang meraih 2,2 juta vote. Padahal kedua nama besar di atas telah mendapatkan sekitar 30 juta vote dari fans. Tak ayal fans mempertanyakan kredibilitas MAMA kali ini.

2 dari 3 halaman

Jawaban produser MAMA 2017

Tagar yang trending tersebut akhirnya sampai ke pantauan Mnet selaku penyelenggara MAMA 2017. Mereka akhirnya angkat bicara mengenai tudingan buruk yang dialamatkan fans.

"Tahun ini MAMA akan dibagi menjadi beberapa bagian. Kategori Asian Music akan fokus kepada 6 wilayah berbeda di Asia yang pemenangnya ditentukan oleh beberapa juri expert," kata Kim Hyun Soo selaku penyelenggara, dikutip dari Soompi (30/11).

Kim Hyun Soo jawab kontroversi MAMA 2017 (Soompi)

"Kategori K-Pop akan melirik artis-artis yang mempromosikan diri ke 7 wilayah Asia, dan penentuan pemenang diambil berdasarkan dua faktor, yakni penilaian juri dan juga vote penggemar. Demi sportivitas, kami mengubah bobot penilaian juri menjadi lebih besar," tambahnya.

Kesimpulannya, vote pemirsa di MAMA 2017 memiliki bobot lebih ringan dari sebelumnya. Karena itulah para juri memiliki pengaruh lebih besar untuk menentukan pemenangnya. 

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Nizar Zulmi
    Author
    Nizar Zulmi
  • Nizar Zulmi
    Editor
    Nizar Zulmi