Sukses

Celeb

Peran Unik yang Bikin 6 Aktor Ini Berubah Drastis

Bintang.com, Jakarta Aktor atau pemain yang baik adalah mereka yang bisa menghayati perannya dengan baik dan meyakinkan. Begitu juga di Hollywood yang punya banyak bintang terkenal. Persaingan di dunia film terutama di Hollywood memang sangat ketat.

Untuk mendapatkan peran, apalagi peran utama atau yang penting, tentu bukan hal yang mudah. Ada sejumlah tahapan yang harus dilalui. Ada yang harus melalui proses audisi terbuka maupun tertutup. Lalu ada juga yang harus melalui tes kamera atau camera test.

Heath Ledger dan Christian Bale di The Dark Knight (2008). foto: stylenoir.com

Bukan hanya pendatang baru atau pemain yang belum punya nama, aktor-aktor papan atas terkadang harus mengikuti proses kasting atau audisi untuk mendapatkan sebuah peran.Jadi bisa dibayangkan bagaimana perjuangan yang harus dilalui seorang aktor untuk mendapatkan sebuah peran.  Karena itu ada sejumlah aktor yang begitu menghayati perannya dengan sangat baik dan meyakinkan.

Ada juga aktor yang begitu dalam dan berubah drastis saat membawakan sebuah peran yang dianggap sangat unik dan berkesan baginya. Terkadang setelah syuting selesai pun, peran yang dibawakannya tersebut seperti masih melekat dalam dirinya. Bahkan ada yang masih melekat pada mereka selama bertahun-tahun hingga mengubah hidup mereka.

Berikut ini ada enam aktor Hollywood yang begitu menghayati dan mendalami peran mereka sampai terbawa ke kehidupan nyata, padahal proses syutingnya sudah lama usai.

1 dari 7 halaman

1. Adrien Brody (The Pianist)

Adrien Brody dalam The Pianist (IMDb)

Berkat aktingnya yang total di film The Pianist (2002), Adrien Brody berhasil meraih Piala Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik. Brody bukan saja menguruskan badannya, sebelum syuting ia tinggal beberapa bulan di Eropa dan tidak mengaktifkan ponselnya. Usai syuting, Brody bukan saja berusaha bentuk tubuhnya seperti semula tapi juga ‘memulihkan’ mentalnya.

Adrien Brody mengaku bukan saja merasaka kesedihan dan kehilangan, tapi masalah kelaparan yang dihadapi karakter Wladyslaw Szpilman yang diperankannya sempat membuatnya depresi dalam waktu cukup lama.

2 dari 7 halaman

2. Johnny Depp (Fear and Loathing in Las Vegas)

Johnny Depp. (AFP/Bintang.com)

Peran sebagai Raoul Duke di Fear and Loathing in Las Vegas (1998) begitu dihayati sepenuh hati oleh Johnny Depp. Bahkan Depp sangat akrab dengan Hunter S. Thompson, pengarang dari novel yang diadaptasi ke layar lebar tersebut. Banyak yang meyakini Depp dan lawan mainnya, Benicio Del Torro, benar-benar menggunakan narkoba saat syuting karena akting mereka saat kecanduan begitu meyakinkan.

Usai syuting, Depp mengaku butuh waktu lama untuk keluar dari karakter di film tersebut. Ia pun sangat berduka saat Thompson meninggal dunia karena bunuh diri di tahun 2005.

3 dari 7 halaman

3. Val Kilmer (The Doors)

The Doors

Peran sebagai vokalis The Doors, Jim Morrison, begitu mendalam dan berkesan bagi Val Kilmer. Bukan saja cukup mirip dari segi fisik, Kilmer juga mempelajari segala hal tentang Morrison dari banyak sumber. Saat syuting film The Doors (1991), banyak yang merasa melihat Jim Morrison seperti hidup kembali dalam diri Val Kilmer.

Bahkan seorang produser musik mengatakan Kilmer lebih mengenal Jim Morrison dari siapa pun termasuk Jim sendiri. Usai syuting, Kilmer mengaku menemui psikiater agar bisa lepas dari ‘pengaruh’ Jim Morrison.

4 dari 7 halaman

4. Colin Firth (The King’s Speech)

Colin Firth untuk saat ini tidak akan muncul dalam sekuel, meskipun sang sutradara, Matthew Vaugh telah mengungkap jika tetap akan dicari potensi untuk memunculkan karakter yang diperankan  Colin Firth kembali. (AFP/Bintang.com) 

Film The King’s Speech (2010) membuat Colin Firth meraih Piala Oscar sebagai Aktor Utama Terbaik. Firth berperan sebagai Raja Inggris, George VI, ayah dari Elizabeth yang sekarang masih menjabat sebagai Ratu Inggris.

Berperan sebagai raja yang berusaha mengatasi gaya bicaranya yang gagap, Colin Firth mengaku sempat gagap betulan saat syuting maupun setelah proses syuting. Hal itu sempat dialaminya sampai sekitar setahun setelah syuting berakhir.

5 dari 7 halaman

5. Janet Leigh (Psycho)

Janet Leigh di film Psycho

Apa yang dialami Janet Leigh beda dengan aktor lainnya karena bukan soal karakter perannya yang terbawa sampai ke luar film. Di film klasik Psycho (1960), Leigh yang berperan sebagai Marion Crane diceritakan tewas ditikam pisau berkali-kali saat sedang mandi. Bukan hanya penonton yang ketakutan dan terus terkenang adegan tersebut, Janet Leigh sendiri mengaku sempat merasa tak nyaman tiap kali mandi di shower.

Bahkan usai melihat adegan tersebut, ia tidak mandi di shower dalam waktu lama. Kalau pun terpaksa mandi di shower, Leigh hanya menutup pintu tapi tidak menutup tirai kamar mandi.

6 dari 7 halaman

6. Heath Ledger (The Dark Knight)

Salah seorang penggemar Batman mengemukakan teori bahwa Joker bukanlah penjahat di The Dark Knight. (theedgesusu.co.uk)

Akting keren Heath Ledger sebagai Joker di film solo Batman, The Dark Knight (2008) memang banyak dipuji. Sayangnya saat meraih Piala Oscar, Ledger sudah meninggal dunia karena overdosis obat-oabatan terlarang pada Januari 2008. Ada kabar beredar kalau Ledger sempat mengurung diri saat menyiapkan peran sebagai Joker, termasuk menyaksikan adegan-adegan sadis dan psikopat.

Heath Ledger pernah mengakui sulit melepaskan karakter Joker sesuai syuting dan hanya tidur dua jam dalam sehari karena merasa sulit tidur. Ironisnya, Ledger tewas diantaranya karena terlalu banyak mengkonsumi obat penenang dan mengatasi sulit tidur. Dunia dan Hollywood pun kehilangan salah satu aktor terbaiknya.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens
  • henryhens
    Editor
    henryhens