Sukses

Celeb

6 Film Tentang Masa Depan yang Bisa Saja Terjadi

Bintang.com, Jakarta Apa yang akan terjadi di masa depan rasanya tidak bisa diketahui dengan pasti. Mungkin karena itulah meramalkan atau memprediksi masa depan jadi hal yang menarik. Begitu juga dengan perfilman Hollywood.

Mereka gemar membuat film tentang apa yang akan terjadi di masa mendatang, dalam belasan, puluhan atau bahkan ratusan tahun mendatang. Biasanya film-film yang menggambarkan masa depan disebut dengan genre science-fiction (fiksi-ilmiah).

Film fiksi-ilmiah sudah dibuat Hollywood sejak era klasik atau sebelum Perang Dunia Kedua, tapi baru mencapai puncaknya dengan kesuksesan Star Trek dan Star Wars di era 70-an dan 80-an. Sampai saat ini film tentang kejadian di masa depan masih jadi tema menarik dan laku di Hollywood.

Menyaksikan film-film seperti itu memang sangat menarik bagi sejumlah orang karena bisa membayangkan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Lebih menarik lagi saat membahas dan mengira-ngira apakah yang terjadi di film fiksi-ilmiah benar-benar bisa terjadi nantinya?

Cuplikan film Back to the Future ketika Doc. dan Marty kembali ke masa depan pada tanggal 21 Oktober 2015. (Snopes)Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada enam film tentang masa depan yang mungkin saja bisa benar-benar terjadi dalam beberapa atau puluhan tahun ke depan. Tapi ingat jangan teruskan membaca kalau tidak ingin tahu spoiler dari beberapa film di bawah ini. 

1 dari 7 halaman

Her

1. Her

Dalam film 'Her' seorang pria jatuh cinta kepada sistem operasi di komputernya, bukan kepada manusia.Dalam film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini, seorang pria jatuh cinta dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang tidak punya wujud fisik. Pria ini hanya berinteraksi dengan sistem AI di rumahnya sampai terhanyut dalam kisah asmara virtual. Premisnya mungkin agak mirip dengan film Electric Dreams (1984). Yang jelas manusia sekarang sudah makin individualis dan bahkan sangat bergantung pada ponsel. Sepertinya cerita film ini bukan saja prediksi di masa depan, tapi memang sudah terjadi saat ini!

2 dari 7 halaman

The Martian

2. The Martian

Berkebun di Mars

Sejak dulu planet Mars atau sering disebut Red Planet, paling sering disebut-sebut paling berpotensi dihuni manusia dibandingkan planet lainnya. Planet yang sering diteliti ini ditampilkan kembali di film The Martian (2015) yang dibintangi Matt Damon.

Dalam film itu digambarkan kalau manusia berpeluang besar untuk bisa bercocok tanam di sana. Pihak NASA termasuk yang paling sering mengirim pesawat tanpa awal ke Mars. Kita tunggu saja apakah yang terjadi di film The Martian benar-benar bisa terwujud?

3 dari 7 halaman

Back to the Future

3. Back to the Future

Back to the Future. foto: usmakemefeed.com

Film Back to the Future yang dirilis di era 80-an terdiri dari tiga film yang cukup sukses. Film yang dibintangi Michael J. Fox ini menampilkan perjalanan lintas waktu. Memang sih sampai saat ini penjelajahan waktu baru sebetas teori dan wacana, tapi bukan nggak mungkin suatu saat bakal benar-benar terjadi.

Yang lebih menarik lagi adalah membahas kejadian di masa depan yang ditampilkan di Back to the Future, yang beberapa diantaranya sudah benar-benar terjadi saat ini. Salah satunya adalah hoverboard, yaitu skateboard yang bisa melayang.

4 dari 7 halaman

Rise of the Planet of the Apes

4. Rise of the Planet of the Apes

Ketika primata berkuasa. (foto: Rise of the Planet of the Apes)

Mahluk hidup atau hewan paling cerdas dan paling mendekati manusia adalah kera atau monyet. Bisakah suatu hari di masa depan mahluk primata ini memberontak terhadapi manusia? Rasanya kecil kemungkinannya, tapi patut jadi bahan renungan. Ada banyak pelajaran yang bisa kita petik di film Rise of the Planet of the Apes.

Misalnya, bagaimana manusia bertindak semena-mena pada binatang sejak lama, seperti menjadi ‘kelinci percobaan’ untuk membuat sebuah produk. Jadi, sebaiknya kita sebagai manusia jangan bertindak seenaknya terhadap hewan maupun mahluk hidup lainnya.

5 dari 7 halaman

Robocop

5. Robocop

Film Robocop (1987) tentang polisi yang sekarat lalu bisa selamat dan bertugas kembali dalam wujud setengah robot memang digarap dengan ringan. Tapi apa yang digambarkan di film tersebut bisa saja terjadi dan bahkan sudah dirintis. Misalnya, di Silicon Valley sudah ada robot yang jadi petugas keamanan. Di sisi lain, beberapa orang yang bagian tubuhnya hancur atau rusak bisa diganti dengan anggota tubuh buatan. Kalau kedua hal itu digabungkan, Robocop bisa saja beneran terwujud!

6 dari 7 halaman

Arrival

6. Arrival

Arrival. (Paramount Pictures)

Film fiksi-ilmiah kerap punya berbagai gambaran tentang alien atau mahluk luar angkasa. Terkadang digambarkan secara berlebihan. Hal itu berbeda dengan yang ditampilkan di Arrival (2016). Film yang mendapatkan banyak penghargaan termasuk di ajang Oscar itu menggambarkan kesulitan yang dihadapi manusia saat bertemu dengan alien.

Bagaimana cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan alien? Apalagi sesama manusia saja yang berbeda bangsa maupun bahasa kita sering kesulitan berinteraksi. Makanya, Arrival bisa jadi pembahasan yang menarik.

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens
  • henryhens
    Editor
    henryhens