Sukses

Celeb

7 Fakta Unik Film Star Wars yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Bintang.com, Jakarta Para penggemar film rasanya tidak ada yang tidak mengenal Star Wars yang sangat fenomenal. Film kreasi George Lucas ini mengisahkan keseruan sederet karakter yang terlibat dalam perang galaksi.

Petualangan franchise film ini berawal ketika merilis Episode IV - A New Hope tahun 1977 silam. Dilanjutkan dengan Episode V - The Empire Strikes Back (1980) dan Episode VI - Return of the Jedi (1983) yang merupakan trilogi Star Wars yang asli. Sementara trilogi prekuel kemudian dirilis antara tahun 1999 dan 2005.

Sebut saja Episode I - The Phantom Menace (1999), Episode II - Attack of the Clones (2002), dan Episode III - Revenge of the Sith (2005). Setelah itu berlanjut ke trilogi terakhir yang terdiri dari film ketujuh sampai dengan kesembilan. Bagian pertama dari trilogi tersebut sudah dirilis pada 2015 lalu, yaitu Star Wars: The Force Awakens.

Film kedelapan, Star Wars: The Last Jedi akan dirilis di akhir tahun ini. Sedangkan film terakhirnya kemungkinan akan dirilis pada 2019 mendatang. Ditambah dengan film theatrical di luar saga termasuk Star Wars animasi: The Clone Wars (2008) dan live action Rogue One (2016) yang merupakan pertama dalam serangkaian film antologi.

Star Wars Episode II: Attack of the Clones  Film ini menceritakan 10 tahun setelah peristiwa di Star Wars Episode I: The Phantom Menace, ketika galaksi berada di ambang perang sipil. (image.tmdb.org)

Selain itu, di tahun lalu ada kabar duka datang dari pemeran Princess Leia, Carrie Fisher. Carrie menghembuskan napas terakhirnya di Los Angeles, Amerika Serikat pada 27 Desember 2016 waktu setempat karena serangan jantung.

Karena itu, Star Wars: The Last Jedi didedikasikan bagi Carrie Fisher. Menjelang perilisannya pada Desember mendatang sekaligus mengenang Carrie Fisher, ada tujuh fakta menarik seputar franchise film Star Wars yang mungkin belum kamu tahu yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

Nama Karakter Unik

1. Nama Karakter Unik

Yoda di Star Wars

George Lucas memilih kata dari bahasa selain Inggris untuk menamai beberapa tokoh-tokohnya. Misalnya, Yoda yang ternyata berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “pejuang”, Darth Vader diambil dari bahasa Belanda yang berarti ayah. Lalu bangsa Ewok yang berasal dari “Miwok”, suku asli Amerika yang berasal dari tempat adegan Endor diambil.

 

2 dari 8 halaman

Tiga Pemeran Darth Vader

2. Tiga Pemeran Darth Vader

Darth Vader. foto: screen rant

Karakter antagonis paling terkenal, Darth Vader ternyata diperankan oleh tiga orang aktor sekaligus. James Earl Jones menjadi pengisi suara, lalu Sebastian Shaw memerankan wajah aslinya, dan David Prowse memerankan figur Darth Vader saat sudah memakai topeng.

3 dari 8 halaman

Suara Lightsaber

3. Suara Lightsaber

Film solo Obi-Wan Kenobi akan dijadikan sebuah trilogi Star Wars tersendiri dengan Ewan McGregor kembali memerankannya.

Suara pedang lightsaber memang unik dan ikonik. Nah, selama adegan pertarungan lightsaber, pemeran Obi-Wan muda (Ewan McGregor) selalu menirukan suara lightsaber dengan mulutnya. Ulah nyeleneh McGregor membuat suara-suara itu harus dihilangkan saat proses pascaproduksi.

4 dari 8 halaman

Liam Neeson Ketinggian

4. Liam Neeson Ketinggian

Star Wars Episode I: The Phantom Menace adalah sebuah film opera antariksa tahun 1999 yang disutradarai oleh George Lucas. Film ini adalah film keempat yang dirilis dalam saga Star Wars, sebagian dari 3 film trilogi prekuel. (www.incine.fr)

Set film Star Wars Episode I: The Phantom Menace harus dibangun ulang untuk menyesuaikan tinggi badan Liam Neeson yang ternyata terlalu jangkung untuk set yang sudah dibangun. Pemeran Qui-Gon Jinn ini tinggi badannya mencapai 193 cm dan menghabiskan biaya produksi tambahan sebesar 150.000 dolar AS untuk merenovasi sejumlah set.

5 dari 8 halaman

Lokasi Syuting

5. Lokasi Syuting

 Star Wars Tattoine di Tozeur, Tunisia (Sumber foto: travelandleisure)

Film-film Star Wars berlokasi syuting di banyak tempat dan biasanya membangun set sendiri. Sejumlah bangunan atau set lokasi ternyata ada yang masih tidak berubah. Salah satunya yang digunakan untuk adegan di Tatooine masih berdiri sampai sekarang di gurun Sahara, tepatnya di Tunisia. Tempat itu banyak dikunjungi para fans berat Star Wars. Ada yang berminat ke sana?

6 dari 8 halaman

Cedera Mark Hamill

6. Cedera Mark Hamill

Mark Hamill. Foto: via brightside.me

Pemeran Luke Skywalker, Mark Hamill, dua kali mengalami cedera selama syuting film Star Wars. Sebelum syuting Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back, Mark mengalami kecelakaan mobil yang cukup parah yang membuat wajahnya harus direkonstruksi.

Lalu saat syuting adegan di tempat penghancuran sampah, Mark Hamill terlalu lama menahan napas yang membuat pembuluh darah di salah satu sisi wajahnya pecah. Kejadian itu membuat penempatan kamera harus diatur ulang agar bagan wajahnya yang memerah tidak terlihat.

7 dari 8 halaman

Sukses Tak Terduga

7. Sukses Tak Terduga

Film solo Obi-Wan Kenobi akan dijadikan sebuah trilogi Star Wars tersendiri dengan Ewan McGregor kembali memerankannya.

Pemeran Obi Wan Kenobi pertama, Sir Alec Guinness, awalnya menyangka kalau Star Wars hanyalah ‘kisah dongeng picisan’. Walaupun begitu, aktor pemenang Oscar ini mendapatkan bayaran senilai 2 persen dari total nilai penjualan tiket film Star Wars, yang membuat ia menerima bayaran lebih dari 95 juta dolar AS! Bandingkan dengan Harrison Ford yang ‘hanya’ menerima bayaran 10.000 dolar AS di Star Wars Episode IV: A New Hope.

 

 

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • henryhens
    Author
    henryhens
  • henryhens
    Editor
    henryhens