Sukses

Celeb

Di Balik 'Hilangnya' Video Klip Akad Payung Teduh

Bintang.com, Jakarta Akad milik Payung Teduh saat ini bisa dibilang sebagai lagu paling fenomenal di tanah air. Lagu ini sedang sering-seringnya diputar dan diperbincangkan di berbagai platform digital.

Single terbaru Payung Teduh tersebut telah meraih tak kurang dari 12 juta views di YouTube. Namun beberapa waktu lalu netizen dibuat kebingungan setelah klip tersebut tiba-tiba hilang.

Ternyata memang sempat ada permasalahan terkait hak cipta di video klip tersebut. Hal ini terkait penggunaan foto wanita yang digambarkan sebagai istri dari pemeran utama di klip Akad, yang ternyata belum melalui izin.

Wanita tersebut diketahui bernama Kaori Okado, yang menyayangkan jika fotonya digunakan tanpa izin. Pihak Seraya Creative Studio selaku tim produksi pun sudah melayangkan permintaan maaf atas kejadian tersebut melalui kolom komentar.

"Seraya Creative Studio, selaku tim pembuat video klip Payung Teduh yang berjudul “Akad”, telah menampilkan foto Ibu Kaori Okado di video klip tersebut tanpa terlebih dahulu meminta izin.

Melalui fotonya, Ibu Kaori Okado kami perankan sebagai istri bapak pengemudi layanan transportasi online yang telah meninggal dunia.

Atas tindakan pelanggaran hak cipta yang telah kami lakukan, Seraya Creative Studio menyampaikan maaf sebesar-besarnya kepada Ibu Kaori Okado.

Kami juga akan membuat blur semua adegan dalam video klip yang menampilkan foto Ibu Kaori.

Apabila dikemudian hari kami melakukan pelanggaran yang sama, maka kami siap untuk diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia

Saat ini video sedang dalam proses editing. Link baru akan segera ditautkan dalam beberapa hari ke depan"

Video klip Akad sempat diedit dengan memburamkan foto Kaori di beberapa scene. Namun demi tidak mengurangi nilai estetika, Payung Teduh dan Seraya Crative Studio memutuskan untuk mengunggah ulang video klip Akad.

Pasca Insiden Pelanggaran Hak Cipta

Video klip Akad pun berganti dengan yang baru diunggah pada 4 September lalu. Foto Kaori sudah tidak terlihat lagi dan digantikan dengan wajah yang baru.

Selain itu tak ada perubahan lain di video klip Akad yang baru. Mungkin karena itu masih ada beberapa netizen yang bertanya-tanya tentang jumlah viewers yang tereset dari awal.

Is Payung Teduh (Galih W Satria/Dok Bintang.com)

Namun kekuatan lagu tersebut berbicara. Hanya dalam waktu 3 hari, Akad telah meraup 1 juta viewers lebih. Is, vokalis Payung Teduh pun angkat bicara terkait hal ini.

"Kita nggak tahu bahwa foto Ibu Kaori itu dipakai tanpa izin terlebih dulu. Kita sebenarnya udah ekstra hati-hati soal penempatan produk, brand segala macem, kita nggak mau ada brand kan. Tapi malah kecolongannya di foto itu," ungkap Is saat ditemui Bintang.com (7/9).

Saat ini, klip Akad Payung Teduh yang 'baru' ini telah menjadi video trending nomor satu. Hari ini, 8 September klip tersebut diperkirakan akan menyentuh angka 2 juta viewers.

Tulis Komentar (1)

Kredit

  • Nizar Zulmi
    Author
    Nizar Zulmi
  • Nizar Zulmi
    Editor
    Nizar Zulmi