Sukses

Celeb

Julia Perez dan Sepenggal Kisah Sedih dari RSCM

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Sejak lusa lalu, atau tepatnya Selasa (18/4/2017) suasana Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dipadati awak penghimpun berita, tempat di mana wanita bernama Yulia Rachmawati alias Julia Perez terbaring lemah memperjuangkan hidupnya.

Ya, hari itu, tepatnya sehari sebelum pesta demokrasi di DKI Jakarta bergulir, kesehatan Julia Perez dikabarkan menurun. Bahkan, tepat di Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta, pada Rabu (19/4/2017) saat matahari terbenam di ufuk barat, Jupe diinformasikan mengalami drop dan kritis.

Sontak, kabar dropnya Jupe membuat sejumlah rekan selebritis khawatir, terutama awak media. Perjuangan artis seni peran, pedangdut yang tenar dengan nama panggung Julia Perez ini bukanlah suatu hal yang terbilang biasa. Penderitaan yang dirasakan begitu amat terasa bagi wanita kelahiran 15 Juli 1990 silam ini.

Jupe, begitu ia disapa, dengan vonis penyakit kanker serviks stadium 4 yang dideritanya membuatnya harus rehat dari segala macam aktivitas di dunia entertainment yang telah membesarkan namanya tersebut.

 

Sudah menjadi rahasia umum, Jupe dan penyakit yang dideritanya perlahan semakin membuatnya terpuruk. Pun demikian, tak sedetik pun perjuangannya terhenti untuk bisa bangkit dan tentu bisa sembuh.

Kini, dua bulan lebih jiwa dan raganya seakan terkunci. Ia, harus mengistirahatkan tubuhnya dari aktivitasnya sebagai publik figur. Jupe, ia lebih banyak menghabiskan harinya di atas tempat tidur pasien rawat Inap RSCM.

Tulisan di bawah ini bisa dibilang bentuk cerita atau keseruan hunting (mencari/menggali) informasi tentang update terkini Julia Perez yang mau saya utarakan.

Oke, sehari sebelumnya. Sekedar informasi, bahwa dropnya Jupe sudah beredar, baik dalam bentuk foto, video bahkan pemberitaan yang kemudian viral ke seluruh sosial media.

Sebagai satu dari tiga personil tim reporter lainnya di Bintang.com, Saya, Sai (panggilan di anak wartawan lapangan) udah wanti-wanti buat menyiapkan diri bakal dapet liputan hunting Jupe di RSCM yang lagi drop.

Fix, benar adanya kalau liputan hunting untuk update terkini kondisi Jupe adalah saya, tentu sepaket dengan Fotografer dan Videographernya.

Rekan selebritis Jenguk Julia Perez di RSCM (Adrian Putra/bintang.com)

Oke, Kamis (20/4/2017) pukul 07.30 WIB pagi, saya udah harus standbye. Berangkat dari rumah bak membelah lautan rasanya, secara dari kemacetan Bekasi menuju RSCM bukan perkara mudah membalikan telapak tangan, ditambah dengan kondisi kemacetan Ibukota DKI Jakarta yang udah pasti kalian tau seperti apa kan.

08.30 WIB - Tiba di RSCM, menuju lobby Gedung A lokasi di mana tempat biasa para awak media menunggu. Setiba gue di RSCM, selang 30 menit kemudian tiga sahabat Julia Perez yakni Ruben Onsu, Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik kompak datang bersamaan untuk melihat perkembangan Jupe.

09.30 WIB - "Hunting is begin," celetuk saya dalam hati bahkan serasa ada intro musik mengisi kepala.

Awalnya, masih belum banyak awak media yang hadir. Kehadiran Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik dan Ruben Onsu menjadi awal cerita satu hari di RSCM bagi saya bersama puluhan awak media lainnya yang selang 30 menit kemudian mulai berdatangan.

Setelah beberapa saat berada didalam, keduanya juga bungkam terkait kondisi teman duetnya tersebut. Sambil terus berjalan, Trio Cecepi itu hanya mengumbar senyum pada awak media. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Sekedar informasi, sebelumnya, sebuah foto di Instagram beredar. Di mana saat Jupe terbaring lemah tak berdaya mengenakan selang infus di hidungnya serta selang feeding tube sebagai bantuan untuk transfusi makanan melekat yang pada pelantun Belah Duren itu. Hal tersebut membuat foto itu seakan bercerita akan menurunnya kondisi kesehatan Jupe.

Sejak dikabarkan kondisinya menurun drastis, sejumlah rekan, sahabat serta selebritis silih berganti memberikan semangat dan doa kpeada Jupe. Kepedulian akan Jupe begitu terasa dan mendalam bagi sahabat-sahabatnya. Bahkan, beberapa waktu lalu para sahabat menggelar acara penggalangan dana untuk Jupe.

Nama-nama seperti Ruben Onsu, Sarwendah kerap selalu melihat perkembangan Jupe di RSCM, Maia Estianty, Melaney Ricardo, Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Bertrand Antolin dan masih banyak lainnya. Tak ketinggalan, sosok yang amat dinantikan kehadirannya yakni mantan suami Jupe, Gaston Castano juga ikut memberikan doa dan semangat bagi Jupe.

Bukan hanya tepat di hari saya liputan, sejak kabar Jupe mulai dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), para sahabat sesama artis silih berganti menjenguk dan memberi doa untuk Julia Perez, tak ketinggalan juga doa disertakan untuk keluarga agar diberikan kekuatan menemani masa penyembuhan Jupe.

Ruben Onsu yang kembali menjenguk sahabatnya tersebut. Usai melihat kondisi sahabatnya, suami Sarwendah itu enggak banyak bicara. Baginya, biarlah hanya dari pihak keluarga saja yang memberikan kabar perkembangannya. (Deki Prayoga/Bintang.com)

10.00 - 13.00 WIB : Hampir seluruh rekan selebritis yang hadir saat itu kompak bungkam mengenai kondisi Jupe terkini. Eeeet, saya bertanya-tanya, temen media yang hadir di TKP pun bertanya-tanya ada apa gerangan? Apa yang terjadi dengan Jupe? Kenapa mereka kompak bungkam? Ah, pikiran-pikiran konyol itu terlintas di kepala, seakan berkata 'Jangan-jangan Jupe? Ah, masa iya? Tapi?

Oke, pertanyaan-pertanyaan itu satu persatu muncul di kepala. Mungkin gak cuma saya, awak media lainnya tentunya berpikiran yang sama seperti saya atas bungkamnya selebriti perihal kondisi Jupe terkini.

13.00 WIB - Selidik punya selidik, usut punya usut, saya coba cari tau dong ada apa gerangan. Bak Detective Conan, haha, macam itulah, jadi saya mencari informasi ke sana sini. Mulai dari Satpam penjaga RSCM yang berpakaian jas bak orang kantoran lengkap dengan dasi merahnya. Bahkan nanya ke tukang parkir di RSCM, sampai mau makan di luar area RSCM pun muncul obrolan ringan ke tukang warung tentang Jupe, itu saya lakukan supaya dapat sekecil apapun informasi.

1 dari 2 halaman

Kondisi Jupe yang Misterius

Gimana usaha saya? Apa hasilnya ? Ya nihil. Haha, alias Zonk !!!. Ya walau ada beberapa sedikit informasi yang saya dapet dari satpam yang ada dan sedikit enjoy diajak ngobrol, bahkan ada satpam yang dasinya kayak mencekik lehernya jadi mukanya terlihat garang, 'itu yang bikin saya males' liatnya apalagi ngajakin ngobrol.

Perlu diketahui, informasi dalam hunting pemberitaan itu is important. Sekecil apapun, sedikit apapun informasi, bahkan kawan saya bilang 'sekecil semut pun itu informasi' harus digarap tulisannya. What? Haha.

14.00 WIB - Sejumlah artis, lagi-lagi gak perlu saya sebut, lihat aja yang saya tulis di atas tadi, mereka kompak untuk tidak bicara tentang Jupe, kecuali dari pihak keluarga. Dalam pemahaman yang kemudian saya dapatkan 'berasa dapat ilham gitu deh', mereka kompak enggan bicara tentang kondisi Jupe karena memang bukan wewenangnya untuk bicara di hadapan media. Ohh, I know it.

Mereka berdalih, cukup keluarganya saja yang pantas atau memiliki wewenang untuk berbicara mengenai kondisi Jupe terkini. Bahkan sekedar memberikan klarifikasi apakah benar Jupe, kesehatannya kembali menurun.

15.00 - 17.00 WIB: Landai (istilah kata luangnya waktu bagi kami) untuk mengungkapkan belum adanya hasil yang bermutu dari hunting kali ini. Sebagian awak media yang sejak pagi hadir pun berganti shift dengan tim lainnya untuk terus berjaga-jaga di RSCM.

18.00 - 19.00 WIB: Landai itupun sirna. Cieileh. Haha. Tepat di adzan Maghrib, awak media yang tengah bersantai, ada yang menjalani ibadah solat Maghrib tiba-tiba dikejutkan dengan kabar kehadirannya mantan suami Jupe, Gaston Castano.

Persis, di adzan maghrib, pesepakbola Gaston Castano itu mengejutkan awak media. Sontak, peralatan kamera, alat rekam dan video pun mengejar narasumber yang paling dinantikan kehadirannya menjenguk Jupe.

Gaston, dengan gaya coolnya itu bersedia memberikan keterangan terkait kehadirannya menjenguk mantan istrinya tersebut. Ia tak segan melempar senyuman ke sejumlah fotografer yang mengabadikannya.

Rekan selebritis jenguk Julia Perez di RSCM (Deki Prayoga/bintang.com)

"Iya, rencana saya sih sudah lama ke sini tapi iya baru bisa sekarang," kata Gaston ditemui di lobby RSCM, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Meski tak berselang lama, kehebohab hadirnya Gaston tersebut pudar dengan berita jauh menghebohkan. Di mana, Jupe, dikabarkan dibawa ke ruang ICU guna diambil tindakan medis. Wah, makin kalang kabut nih kita alias awak media mendengar ada kabar ini.

19.00 - 21.00 WIB: Ini bisa dibilang dua jam yang penuh keringat. Meski suasana tidak terlalu panas, tapi kehebohan dipindahkannya Jupe ke ruang ICU membuat awak media kebakaran jenggot, 'istilahnya gitu deh ya'.

Yang membuat awak media kalang kabut, ya adanya statement atau pernyataan dari Mia Anggie, adik kandung Jupe yang menyebut pelantun Aku Rapopo tersebut mengalami penurunan kesehatan, dan diambil tindakan medis di ruang ICU. Beredar kabar, Jupe menjalani cuci darah.

Kondisi kesehatan yang menurun, membuat Julia Perez kembali tidak bisa memberikan hak suaranya pada Pilkada DKI putaran kedua kali ini. Menurut adiknya, Nia Anggia, kakaknya begitu semangat ikut nyoblos. (dok. Instagram)

"Iya cuci darah, kan karena obat masuk setiap hari. Ya karena itulah ginjalnya jadi kena," jelas Mia Anggie.

Dalam pantauan Bintang.com, Jupe menjalani cuci darah sekitar tiga jam setengah. Usai cuci darah, Jupe kembali dibawa ke ruang kamar inapnya.

22.00 WIB : Malam pun tiba, suasana jelang pergantian hari di halaman lobby RSCM Gedung A, Jakarta perlahan menyepi. Satu persatu awak media memilih meninggalkan tempat dan pulang ke haribaan kasur masing-masing di rumahnya.

23.00 WIB : Tugas saya belum selesai, di mana saya dan tentu fotographer saya harus standbye untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi sekejap mata.

24.00 - 06.00 WIB, RSCM sepi, angin tak berhembus, hanya rembulan dan suara alam menemani semalam suntuk bagi saya dan fotografer. Bisa dipastikan, tidak ada informasi terbaru dari Julia Perez maupun pihak keluarganya yang diberikan kepada saya.

2 Komentar