Sukses

Celeb

Bicara Toleransi, Sophia Latjuba Tuai Pro dan Kontra

Bintang.com, Jakarta Sophia Latjuba mengunggah sebuah potret tentang kerukunan umat beragama di Instagram. Dalam keterangan fotonya, ibunda Eva Celia ini menuliskan definisi toleransi berdasarkan laman Wikipedia.

"TOLERANSI. Menurut Wikipedia: 'Toleransi adalah membiarkan orang lain berpendapat lain, melakukan hal yang tidak sependapat dgn kita, tanpa kita ganggu ataupun intimidasi'," tulis Sophia dalam akun Instagram @sophia_latjuba88, Selasa (10/1/2017).

Sophia Latjuba mengunggah potret tentang toleransi. (Instagram/sophia_latjuba88)

Menurut Sophia, definisi toleransi tersebut cenderung angkuh jika diaplikasi dalam kehidupan. "Menurut saya kata toleransi adalah kata yg cenderung sombong. 'Saya mentoleransi kamu walaupun kamu berbeda'. Sombong, bukan? Seakan-akan kalimatnya bisa diartikan: 'Menurut saya, saya lebih baik, tapi saya tetap mentoleransi kamu karena kebesaran dan kebaikan hati saya'," lanjutnya.

Artis berusia 46 tahun ini pun meyakini jika semua orang pada hakikatnya sama, meski agama, ras, dan suku kerap menjadi jurang pembatas. "Coba pikirkan. Kata Toleransi itu tidak akan diperlukan lagi kalau kita tidak menganggap ras atau agama kita lebih baik daripada yang lain. Kalau kita menerima kenyataan bahwa kita adalah sama dengan manusia yang lain," papar Sophia.

"Bahwa ESENSI kita semua sama, bahwa Tuhan tidak menilai kita dari agama yang kita peluk atau warna kulit yg kita miliki, bahwa kita semua diciptakan SAMA, tidak ada yg lebih dan tidak ada yg kurang- OTOMATIS kita akan menghargai satu dan yang lain dan kata toleransi itu tidak akan diperlukan lagi. Ini pendapat saya. Boleh kan? Sekian." tutup Sophia.

Foto profil Sophia Latjuba  (Andy Masela/bintang.com) 

Postingan kekasih Ariel NOAH ini rupanya langsung menimbulkan pro dan kontra di kalangan netizen. "Agree mba. Dunia ini alahkah indahnya kalau kita hidup damai berdampingan without distinction of ethnicity, race and religion," tulis pemilik akun maya_mimie.

"klo mnrt saya mba sophie hrs memandang dr berbagai sudut dan brbagai aspek tentang kata toleransi itu apa contohnya apa. maknanya apa. kegunaannya apa tentang kata toleransi ini. tidak hanya menilai negatif dr kata toleransi saja. harus dilihat berbagai macam sudut. contohnya siapa yg tdk bisa toleransi dll," tulis ninasyta_baswedan2.

"Salah tetaplah salah jangan yang tidak salah malah menjadi salah, ah jadi gak ngfans lagi sama kamu nih," tukas nanda_surya03 yang seakan kecewa dengan postingan Sophia Latjuba.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Regina Novanda
    Author
    Regina Novanda
  • Regina Novanda
    Editor
    Regina Novanda