Sukses

Celeb

Hari Pahlawan, 7 Artis Ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

Bintang.com, Jakarta 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional oleh segenap rakyat Indonesia. Deretan nama yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan untuk Bumi Pertiwi pun kembali dikenang. 

Lebih dari tujuh dekade berselang, para pahlawan nasional kini sudah memiliki keturunan yang berkiprah di berbagai bidang. Tujuh artis di bawah ini ternyata merupakan keturunan dari sejumlah pahlawan nasional. Siapa sajakah mereka?

1. Dian Sastrowardoyo

Salah satu tokoh dalam masa pergerakan kemerdekaan Indonesia, Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo, adalah kakek dari artis cantik Dian Sastrowardoyo. Sunario merupakan satu-satunya tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional Manifesto 1925 dan Konggres Pemuda II.

Dian Sastrowardoyo (Nurwahyunan/Bintang.com)

2. Maia Estianty

Maia Estianty merupakan cicit dari pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto, yang merupakan pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI). Tjokroaminoto memegang peranan penting terhadap perkembangan pendidikan di kalangan rakyat Indonesia sebelum masa kemerdekaan.

Maia Estianty. (Adrian Putra/Bintang.com)

3. Dewi Yull

Bapak Pers Indonesia, R.M. Tirto Adhisoerjo, ternyata memiliki cucu dari kalangan selebriti, yakni Dewi Yull. Pada 1907 silam, Tirto Adhisoerjo menerbitkan surat kabar nasional pertama, Medan Prijaji. Seluruh pekerja mulai dari pengasuhnya, percetakan, penerbitan dan wartawannya adalah pribumi Indonesia asli.

Dewi Yull. (Nurwahyunan/Bintang.com)

4. Nia Dinata

Otto Iskandardinata merupakan tokoh pahlawan nasional yang berperan penting saat awal kemerdekaan Indonesia. Diberi julukan Jalak Harupat, Otto merupakan anggota BPUPKI dan PPKI, sekalugus Menteri Negara di kabinet Soekarno - Hatta. Sutradara kondang Nia Dinata ternyata adalah cucu dari Otto.

Nia Dinata (Deki Prayoga/Bintang.com)

5. Setiawan Djody

Setiawan Djody adalah cucu dari salah satu penggagas organisasi pemuda Budi Utomo, Dr Wahidin Sudirohusodo. Sosok Wahidin dikisahkan sangat dekat dengan rakyat. Sementara itu, Setiawan Djody adalah musisi era 80-an yang membesut SWAMI beranggotakan Iwan Fals, Sawung Jabo, Inisisri, Jockie Suryoprayogo dan Totok Tewel.

Setiawan Djody (Liputan6.com)

6. Karina Salim

Aktris cantik Karina Salim adalah cucu dari pahlawan nasional H. Agus Salim. Sedangkan ayahnya adalah keponakan dari Prof. Dr. Emil Salim pakar ekonomi dan menteri kabinet di era Soeharto.

Karina Salim (Andy Masela/Bintang.com)

7. Asri Welas

Komedian Astri Welas ternyata memiliki garis keturunan Pangeran Dionogoro. Ia adalah keturunan ke-7 dari Pangeran Diponogoro. Sayangnya, Asri baru mengetahui fakta ini beberapa tahun terakhir.

Asri Welas (Deki Prayoga/bintang.com)

Tulis Komentar (2)

Kredit

  • Regina Novanda
    Author
    Regina Novanda
  • Regina Novanda
    Editor
    Regina Novanda