Sukses

Celeb

Ayu Azhari Usung Budaya Betawi di Ajang Internasional

Bintang.com, Jakarta International Film Festival for Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE) dan World Humanitarian Awards (WHA) baru saja merayakan Hari Perdamaian Sedunia dan Hari Kemanusiaan Sedunia. Ayu Azhari pun turut hadir dalam acara yang mengambil tema Environment For Peace and Humanity.

Ayu Azhari sebagai salah satu pegiat budaya Betawi pun ikut mendukung kegiatan tersebut. Ia menyatakan kebanggaannya ketika bisa ikut terlibat dalam acara yang menurutnya sebagai wahana untuk membangun inovasi dan kreatifitas.

"Karena untuk membangun ekonomi bangsa, perlu terus membuka diri kepada dunia internasional. Harus bangun diplomasi total, baik melalui pemerintah, swasta maupun kebudayaan. Malam ini kita sangat mendukung," kata Ayu Azhari di gedung Manggala Wanabhakti, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/9) malam.

Ayu Azhari (Galih W. Satria/bintang.com)

Dalam gelaran tersebut, Ayu Azhari ikut menyumbang beberapa karya lagu yang mengangkat budaya, adat dan seni Jakarta dalam bentuk yang modern. Beberapa diantaranya Gado-gado Jakarta, Keroncong Jakarta, Negeri Pelangi, dan Hidup Ini Indah.

"Kami sangat peduli melestarikan budaya Betawi yang mana mewakili budaya Nusantara. Senang mendukung acara yang mengedukasi dan memberikan himbauan, supaya mereka menghidupkan kembali budaya," tuturnya.

Ayu Azhari (Galih W. Satria/bintang.com)

Ditambahkan oleh Ayu Azhari, seni budaya Indonesia, tak terkecuali Betawi harus bisa dipadukan dengan kreatif dari Timur dan Barat. Menurutnya hal tersebut supaya budaya asli Jakarta tidak kering sentuhan peradaban modern.

"Seni dan adat Jakarta dalam bentuk modern yang saya sebut Neo Jakarta. Sebagai budaya yang telah berabad-abad eksistensi dan interaksinya dengan dunia luar. Budaya Jakarta sangat kaya akan historisme dan etos kerja yang transformatif," tukas Ayu Azhari.

Tulis Komentar (0)

Kredit

  • Anto Karibo
    Author
    Anto Karibo
  • Lanny Kusumastuti
    Editor
    Lanny Kusumastuti