Sukses

Beauty

5 Kesalahan Cewek Saat Pakai Lipstik

Kredit (2)

Bintang.com, Jakarta Ber-makeup bisa dikatakan sebagai hobi wajib para cewek. Apalagi alat-alat makeup zaman sekarang lebih lengkap dan bervariasi. Contohnya saja lipstik, kini banyak lipstik yang dibuat dari berbagai macam, baik dari segi tekstur, warna, dan kelebihan lainnya. Kalau dulu lipstik identik dengan warna merah saja, kini berbagai macam warna pun ada. Dengan begitu banyak cewek yang bisa memiliki bahkan lebih dari 3 warna lipstik di dalam tasnya.

Nyatanya, memakai lipstik bukan hanya sekadar memakai saja lho, banyak hal-hal tertentu yang harus kamu terapkan agar lipstik bisa terlihat bagus dan menarik. Pemilihan warna lipstik untuk berbagai macam acara juga harus diperhatikan, jangan sampai salah memakai warna lipstik, bisa-bisa kamu terlihat aneh, dan yang paling penting, kenali lipstik yang seperti apa yang cocok di bibir kamu.

Biasanya cewek-cewek zaman sekarang lebih tertarik dengan warna lipstik yang sedang happening, tanpa tahu bahwa lipstik itu cocok atau tidak bila mereka pakai. Oiya, memilih warna lipstik juga harus berdasarkan warna kulit wajah kamu lho. Tetapi, bila kamu tetap ingin memakai lipstik yang kurang pas pada bibir dan warna kulit kamu, ya sah-sah saja sih, asal kamu percaya diri saja memakainya. Terkadang cewek suka mencoba hal yang tidak pernah dilakukannya, salah satunya ya ini, dalam pemakaian lipstik.

Lipstik glossy. (via: mdzol.com)

Meski kamu terbilang cukup bisa ber-makeup, salah satunya memakai lipstik. Ternyata kamu juga pernah lho melakukan kesalahan yang nggak kamu sadari dalam memakai lipstik. Walau memakai lipstik hanya seperti itu saja, tetapi ada beberapa kesalahan yang pernah kamu lakukan dan mungkin kamu tidak sadari. Nah, untuk tahu kesalahannya apa saja? Berikut 5 kesalahan cewek saat pakai lipstik.

Tidak memakai lip balm dan tidak memakai lipstik sesuai dengan bentuk bibir

1. Tidak memakai lip balm terlebih dahulu. Memakai lip balm memang sangat dianjurian nih buat kamu yang ingin memakai lisptik, karena fungsi lip balm berguna sebagai basic awal untuk melindungi bibir. Apalagi kamu yang ingin memakai lipstik dengan tekstur matte, diwajibkan banget untuk memakai lip balm agar bibir kamu tidak kering.

Masih mengalami bibir kering dan pecah-pecah? Coba perbaiki dan merawatnya dengan lip balm yang satu ini.

Guna lip balm ini sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban bibir. Tekstur lipstik matte yang kering ini bisa membuat bibir kamu cracky kalau kamu lupa memakai lip balm. Mulai sekarang jangan lupa untuk memakai lip balm dulu ya kalau mau pakai lipstik matte.

2. Memakai lipstik tidak sesuai dengan bentuk bibir. Pasti kamu sering melihat cewek dengan masalah seperti ini nih, memakai lipstik tidak sesuai dengan bentuk bibir kamu, atau jangan-jangan kamu juga pernah mengalaminya? Tanpa disadari, ketika cewek sedang terburu-buru, mereka memakai lipstik terlihat asal-asalan tanpa tahu kesalahan apa yang mereka buat sendiri, yang penting bibir mereka tercover dengan lipstik. Iya nggak?

Bibir tipis. (Via: sheknows.com)

Pentingnya memakai lipstik sesuai dengan bentuk bibir ini agar penampilan kamu juga tidak sembarangan, apalagi kamu akan bertatapan dengan banyak orang, kesalahan sekecil apapun dari bagian wajah akan sangat jelas terlihat. Apalagi tahu bahwa kamu memakai lipstik tidak sesuai dengan bentuk bibir, bisa ketahuan banget kalau kamu nggak terlalu bisa dandan.

Salah memilih warna lipstik hingga lipstik lama masih dipakai

3. Memilih warna lipstik yang salah. Pemilihan warna lipstik ini bisa disesuaikan dengan acara-acara tertentu lho. Jangan sampai kamu salah memilih warna lipstik, bisa-bisa kamu dibilang dan terlihat aneh nantinya. Pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan acara dan jam-jam tertentunya.

4 warna lipstik yang menyatu dalam bibir. (via: Instagram/ccclarkebeauty)

Misalnya, kamu ingin ada rapat pagi hari di kantor, akan lebih baik kalau kamu memilih warna lipstik dengan sentuhan nude atau pastel. Nggak mungkin dong kamu mau rapat memakai lipstik super gelap? Bisa-bisa seisi ruangan malah jadi melirik aneh melihat penampilan kamu.

4. Sudah ketahuan nggak cocok masih saja dipakai. Ini nih yang kadang nggak disadari sama banyak cewek. Sudah tahu lipstiknya nggak cocok di bibir kamu, masih saja dipakai. Ada sebagian cewek yang pantas memakai warna lipstik cerah, ada juga yang tidak, tetapi kalau masih memaksakan, mau dibilang apa? Bisanya alasan yang keluar sih, "gimana ya? Habis warna lipstik ini cocok dengan pakaian aku", iya sih warna lipstiknya cocok untuk disandingkan dengan pakaian kamu, tetapi bagaimana dengan wajah kamu? Hmm, fikir-fikir lagi deh mendingan.

Liquid lipstik. (via: qc makeup academy)

Untuk para cewek, sebaiknya kamu tentukan dulu warna dan tekstur lipstik yang seperti apa yang cocok di kulit wajah kamu. Jangan sampai kamu memilih yang salah hanya karena ingin memantaskan dengan pakaian yang kamu pakai.

5. Lipstik yang sudah lama masih tetap dipakai. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa alat makeup itu 6 bulan sekali harus diganti. Jangan sampai kamu nggak sadar kalau alat makeup yang kamu miliki sudah melampaui batas tersebut, tetapi masih saja kamu pakai. Bahaya banget!

Seperti apa tren kecantikan terkini, khususnya dalam teknik pengaplikasian lipstik? (Foto: Seventeen)

Bahaya yang akan timbul kalau kamu pakai alat makeup kadaluarsa pasti berimbas di kulit wajah kamu. Misalnya bedak, kalau sudah terlalu lama akan membuat kulit wajah kamu gatal-gatal dan kemerahan, untuk lipstik, pasti akan membuat bibit kamu kering dan mengelupas. Hati-hati kalau wajah kamu sudah menunjukkan tanda-tanda seperti itu, stop pemakaian makeup tersebut dan secepatnya ganti dengan yang baru.

2 Komentar